10 Manfaat Daun Krokot, Lihat no 5 Hasilnya Mencengangkan

Manfaat Daun Krokot Untuk Kesehatan

Apakah anda pernah mendengar tanaman krokot?. Tanaman yang dianggap gulma ini sering kita abaikan. Kehadirannyapun kadang mengganggu kebersihan halaman rumah. Tanaman krokot yang dianggap hama ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak. Tidak hanya untuk makanan ternak (jangkrik dan burung) saja tanaman krokot sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Lantas apa sih tanaman krokot itu?

Tanaman Krokot

Krokot merupakan tumbuhan tahunan yang termasuk familia Portulacaceae, Ia dapat mencapai ketinggian 50 cm. Sekitar 40 varietas tumbuhan ini dibudidayakan. Batangnya berwarna merah keunguan, bentuknya gemuk dan tebal. Daunnya juga tebal dan berdaging, dan bunganya berwarna kuning sulfur. Daun tanaman krokot merupakan daun tunggal berwarna hijau berbentuk bulat telur, ujung dan pangkalnya tumpul.

Tepi daunnya rata dan berdaging yang memiliki panjang 1–3 cm dan lebar 1–2 cm. Bunga Krokot merupakan bunga majemuk yang terletak di ujung cabang. Tanaman krokot juga memiliki kelopak bunga bewarna hijau, bertajuk, dan bersayap. Mahkota bunga krokot berbentuk jantung, memiliki 3-5 kepala putik bewarna putih dan kuning. Buah krokot berbentuk kotak, berwarna hijau, dan memiliki biji yang banyak. Bijinya bulat kecil mengkilap, bewarna hitam. Sistem perakaran tanaman krokot yaitu akar tunggang.

Kandungan Nutrisi Krokot

Tanaman krokot mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan dalam tubuh, maka tak heran bila tanaman yang satu ini sekarang banyak diburu masyarakat karena manfaatnya. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam tanaman krokot.

  • Air: 92,86 gram
  • Kalori: 20 kkal
  • Protein: 2,03 gram
  • Lemak: 0,36 gram
  • Karbohidrat: 3,39 gram
  • Serat: 0,0 gram
  • Kalsium: 65 miligram
  • Fosfor: 44 milligram
  • Zat besi: 1,99 miligram
  • Natrium: 45 miligram
  • Kalium: 494 miligram
  • Tembaga: 0,113 miligram
  • Magnesium: 68 miligram
  • Seng: 0,17 miligram
  • Retinol (Vit. A): 0,0 mikrogram
  • Thiamin (Vit. B1): 0,047 miligram
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,112 miligram
  • Niacin (Vit. B3): 0,48 miligram
  • Vitamin C (Vit. C): 21 miligram

Sangat banyak dan sangat komplek kandungan yang ada dalam tanaman krokot, lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan.

Manfaat Tanaman Krokot

Seperti halnya tanaman obat lainnya, tanaman krokot yang dianggap hama ternyata memiliki segudang manfaat yang diperlukan bagi tubuh. Bahkan kita akan tercengan dengan manfaat yang terkandung dalam tanaman krokot. Berikut beberapa manfaat krokot bagi tubuh kita.

1. Mencegah Risiko Tumor dan Kanker

Tumor dan kanker menjadi penyakit yang ditakuti oleh sebagian besar kalangan. Daun krokot telah digunakan sebagai obat herbal tradisional untuk membantu mencegah berbagai penyakit pada manusia, termasuk tumor dan kanker.

Studi yang diterbitkan jurnal Carbohydrate Polymers menemukan bahwa ekstrak daun krokot memiliki bioaktivitas, seperti hipoglikemik, hipolipidemik, antioksidan, antitumor, dan antikanker.

Penelitian tersebut juga mengevaluasi efektivitas antitumor dan antikanker untuk melihat perkembangan sel kanker serviks pada objek tikus. Hasilnya, kandungan pada ekstrak daun krokot secara signifikan menghambat pertumbuhan sel tumor pada tikus.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun krokot merupakan satu dari sekian banyak tumbuh-tumbuhan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3. Kadar omega-3 yang dimiliki daun krokot jauh lebih tinggi dibanding jenis tumbuh-tumbuhan lainnya.

Manfaat asam lemak omega-3 pada daun krokot ini sangat penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit, seperti stroke, serangan jantung, dan gangguan jantung lainnya. Simak Juga: 7 Manfaat Daun Kemangi, Mampu Mengatasi Bau Mulut

3. Mendukung Perkembangan Anak

Salah satu jenis asam lemak omega-3, yakni docosahexaenoic acid (DHA) penting untuk perkembangan anak. Publikasi yang diterbitkan pada The British Journal of Nutrition berusaha mengevaluasi beberapa hasil penelitian sebelumnya berkaitan dengan hal ini.

Para peneliti meninjau efektivitas suplemen asam lemak omega-3 pada ibu hamil dan menyusui. Hasilnya asupan DHA selama masa kehamilan dan menyusui memberikan efek terhadap ketajaman visual, perkembangan saraf jangka panjang, dan pertumbuhan anak.

Sementara asupan DHA pada bayi selama masa kehidupan awalnya, memberikan efek menguntungkan pada hasil visual dan saraf, namun tidak terlalu signifikan untuk pertumbuhan.

Untuk memastikan tumbuh kembang anak sempurna semenjak kehamilan, penting bagi Anda untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan asupan nutrisi yang sesuai.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Susu bukanlah satu-satunya sumber makanan yang dapat menyehatkan tulang Anda. Daun krokot juga bisa memelihara kesehatan tulang berkat manfaat berbagai mineral penting bagi tubuh, terutama kalsium dan magnesium.

Kalsium adalah mineral utama penyusun tulang. Kekurangan kalsium dapat melemahkan struktur tulang, sehingga lebih rentan mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Magnesium juga berperan meningkatkan kekuatan tulang dengan membantu pertumbuhan sel tulang. Selain kedua mineral itu, daun krokot juga memiliki kandungan mineral lain, seperti kalium, fosfor, zat besi, dan mangan. Baca Juga: Manfaat Blewah untuk Menurunkan Kolesterol, Tips Sehat Alami dan Aman Atasi Lemah Berlebih.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, daun krokot bisa Anda masukkan dalam menu diet. Daun krokot kaya akan kandungan nutrisi, namun asupan kalori yang dimilikinya tergolong rendah, hanya 20 kkal dalam 100 gram penyajian.

6. Sayuran Rendah Kalori

Tahukah Anda bahwa tanaman krokot bisa diolah menjadi sesuatu yang lezat? Dalam sejarahnya, tanaman krokot banyak diolah menjadi salad dan memiliki rasa yang sedikit asam dan asin. Seluruh bagian dari tanaman krokot seperti daun, batang dan bunga bisa dimanfaatkan dan memiliki kalori yang rendah.

Selain rasanya yang menyegarkan, tanaman ini juga sangat rendah kalori sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi siapa saja yang sedang menjalankan diet ketat. Seperti yang dikutip dari Healthline,  tanaman krokot yang kaya akan nutrisi ini memiliki kalori sebesar 16 kalori per 100 gramnya.

7. Mencegah Terjadinya Penyakit Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang mudah menyerang siapa saja terutama bagi seseorang yang senang mengonsumsi makanan mengandung kolesterol tinggi. Tanaman krokot termasuk ke dalam salah satu tanaman yang mampu mencegah terjadinya penyakit kanker karena memiliki kandungan yang mampu meluruhkan tumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Pastikan untuk minum air putih secara teratur agar kandungan lemak jahat di dalam tubuh Anda bisa keluar sekaligus membuat darah menjadi lebih encer dan mengurangi risiko terkena penyakit stroke. Simak Artikel Lainnya: Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

8. Mengurangi Sakit Kepala dan Migrain

Sakit kepala dan migrain bisa mengakibatkan rasa sakit yang membuat Anda sulit untuk berpikir ataupun beraktivitas dengan normal. Tanaman krokot memiliki kandungan vitamin B2 yang terbukti sangat ampuh untuk meredakan atau mengurangi rasa sakit kepala dan migrain Anda yang sangat mengganggu. Kurangi untuk mengonsumsi obat-obatan ketika sedang sakit kepala karena kandungan kimianya bisa mengganggu fungsi dari ginjal.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Tanaman krokot memiliki khasiat yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beta karoten bisa menjadikan mata Anda lebih sehat dan memperlambat degradasi otot mata sekaligus mencegah radikal bebas yang menyerang mata Anda.

10. Mengatasi Penyakit Pencernaan

Kandungan dopamin, malic acid, citric acid dan glukosa yang terdapat di dalam tanaman krokot sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Kombinasikan mengonsumsi tanaman ini dengan makanan lainnya yang mengandung serat tinggi agar kesehatan pencernaan Anda bisa terus terjaga dengan baik.

Cara Mengonsumsi Tanaman Krokot yang Benar

Mengolah tanaman atau sayuran menjadi sesuatu yang lezat adalah hal yang perlu Anda lakukan agar siapa saja menjadi tertarik untuk memakannya. Tanaman krokot ini bisa Anda bersihkan dan diambil daunnya lalu dikonsumsi begitu saja dalam kondisi mentah. Namun, agar rasa dari tanaman tersebut bisa menjadi lebih nikmat maka Anda perlu untuk mengolah tanaman krokot tersebut menjadi salah satu makanan seperti salad krokot. Di bawah ini adalah resep sederhana salad krokot yang bisa Anda coba ikuti sendiri dengan mudah di rumah:

  1. Bersihkan tanaman dengan menggunakan air lalu petiklah daun dari tanaman krokot tersebut.
  2. Campurkan minyak, air perasan jeruk lemon, bawang merah dan setengah sendok teh bawang merah.
  3. Tambahkan daun krokot, tomat ceri dan daun parsley, lalu aduk agar tercampur menjadi satu.
  4. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan kentang yang sudah direbus lalu dipotong dadu dan ayam suwir untuk membuat salad menjadi lebih lezat.

Salad dari tanaman krokot tersebut bisa Anda padukan juga dengan ikan goreng atau dada ayam goreng agar makanan Anda menjadi lebih lengkap dan mempunyai kandungan protein yang baik bagi tubuh Anda.

Semoga ulasan diatas menambah pengetahuan kita tentang berbagai tanaman yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Selalu jaga kesehatan, makan-makanan bergizi dan olah raga teratur untuk hidup yang lebih sehat.