Masker Daun Kelor, Mampu Mengatasi Jerawat Hingga Mengecilkan Pori-pori


Manfaat Masker Daun Kelor Picture

Tumbuhan kelor, sedang menjadi primadona. Kandungan dalam tanaman kelor disamping sebagai sumber protein juga sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Tumbuhan yang mampu tumbuh dengan subur diberbagai medan banyak dicari masyarakat dan bahkan sudah mulai diekspor ke berbagai negara.

Kelor merupakan tanaman pangan dan tanaman obat. Daun kelor bisa kita konsumsi dengan mencampurkannya kedalam berbagai masakan seperti sayur bening, bobor, sup, urap, bothok, tumis bahkan sebagai campuran pada olahan telur dan mie. Sebagai tanaman obat, kandungan nutrisi kelor sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kandungan protein, antiokasidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tumbuhan Kelor

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil (dari minyak yang bisa diekstrak dari bijinya), drumstick (dari bentuk rumah benihnya yang panjang dan ramping), horseradish tree (dari bentuk akarnya yang mirip tanaman horseradish), dan malunggay di Filipina.

Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan. Tanaman ini umum digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia. Biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil.

Kandungan Nutrisi Pada Kelor

Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO untuk mengkonsumsi daun kelor. Perbandingan gram, daun kelor mengandung:

  • 7 x vitamin C pada jeruk
  • 4 x kalsium pada susu
  • 4 x vitamin A pada wortel
  • 2 x protein pada susu
  • 3 x potasium pada pisang

Organisasi ini juga menobatkan kelor sebagai pohon ajaib setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia. National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Dari hasil analisis kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Sedangkan didunia kecantikan, kelor mampu diolah menjadi masker yang kaya manfaat. Kelor bubuk banyak dijual dipasaran, namun bagi anda yang memiliki waktu luang bisa membuat sendiri kelor bubuk untuk mendapatkan manfaatnya secara praktis.

Berikut Cara Membuat Masker Daun Kelor

Untuk membuat masker daun kelor terbilang sangat mudah dan tidak perlu menggunakan banyak bahan. Berikut cara praktis membuat masker daun kelor:

Bahan

  • ½ sendok makan bubuk daun kelor
  • 1 sendok makan madu mentah
  • 1 hingga 2 sendok teh air mawar
  • Minyak esensial (opsional)

Cara Membuat

  1. Campurkan bubuk daun kelor dan madu dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan air mawar secara perlahan sampai campuran mencapai kekentalan yang Anda inginkan.
  2. Tambahkan 3-5 tetes minyak esensial yang ramah di kulit, seperti rosehip atau tea tree oil. Aduk merata.
  3. Kemudian, oleskan pada permukaan wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Lalu, keringkan dengan handuk.

Manfaat masker Daun Kelor

Banyak manfaat yang diberikan oleh daun kelor terhadap kecantikan wajah. Penggunaan masker daun kelor secara teratur mampu menghasilkan kulit wajah yang berseri. Namun, harus dikonsultasikan dulu dengan pakar kecantikan karena tingkat sensitifitas kulit seseorang berbeda. Berikut khasiat masker daun kelor yang bisa anda dapatkan:

Baca Juga:

1. Mencegah Penuaan Pada Wajah

Tinggal di negara tropis membuat kulit wajah kita sering terpapar sinar matahari sehingga mempercepat proses penuaan kulit. Sinar ultraviolet (UV) dalam matahari menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Akibatnya, muncul kerutan di wajah yang sering disebut sebagai keriput.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharmacy and Biological Sciences membuktikan bahwa manfaat daun kelor untuk wajah dalam mencegah penuaan dini.  Penelitian tersebut dilakukan dengan mengambil biji kelor dari minyak atsirinya, kemudian diformulasikan dalam bentuk krim. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa minyak biji kelor mengandung antioksidan yang tinggi.

Manfaat masker daun kelor yang berasal dari kandungan antioksidan inilah yang mampu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah munculnya keriput yang terjadi akibat radikal bebas dari sinar UV.  Daun kelor dapat melindungi keutuhan elastin pada kulit yang berfungsi menjaga kekencangan kulit.

Minyak kelor juga dapat melembapkan kulit. Kombinasi dari berbagai khasiat daun kelor untuk wajah tersebut yang dapat mencegah munculnya keriput di wajah.

2. Memperbaiki Warna dan Tekstur Kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah berikutnya adalah membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit secara merata dengan cara mencegah noda hitam muncul. Cara memperoleh manfaat daun kelor untuk masker wajah adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun kelor.

Lalu, mengoleskannya pada area kulit yang terdapat noda hitam atau bintik gelap di wajah. Nantinya, kulit akan senantiasa bersih dan memiliki tekstur kenyal dan kencang.

3. Mengatasi Jerawat Dan Komedo

Efek antimikroba pada daun kelor bisa mengobati jerawat. Dari sekian banyak penelitian, terdapat sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science yang mengamati efektivitas manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa minyak alami daun kelor mengandung asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara alami dan efektif. Selain itu, manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat akibat bakteri.

Riset lainnya menyatakan bahwa minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit, yang kerap jadi biang keladi penyebab jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, minyak daun kelor dianggap efektif untuk mengobati jerawat dan menghilangkan komedo.

4. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat daun kelor untuk wajah ternyata dapat mencegah kotoran dan kuman menempel pada kulit dengan cara melarutkannya secara alami saat kulit dibasuh air.

Anda juga bisa memperoleh khasiat ini menggunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan minyak kelor di dalamnya yang dipercaya dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sekaligus mengecilkannya.

5. Melembabkan Bibir

Tak hanya manfaat daun kelor untuk wajah, minyak daun kelor ternyata kerap digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan bibir, seperti lip balm atau masker bibir. Suatu riset yang dipublikasikan dalam Lipids in Health and Disease menyebutkan bahwa minyak kelor yang diekstrak dari daunnya memiliki kualitas yang mirip dengan minyak zaitun.

Kandungan asam lemak pada daun kelor yang paling tinggi adalah asam oleat. Jenis asam ini diyakini membuat banyak industri kecantikan memasukkan daun kelor sebagai bahan baku produk perawatan bibir mereka. Dari kandungan tersebut, daun kelor memiliki kemampuan untuk melembapkan bibir yang kering sehingga mempertahankan kelembutan bibir.

6. Mengatasi Penyakit Kulit Lain

Selain mengobati jerawat, manfaat masker daun kelor untuk wajah juga dapat mengatasi penyakit kulit lain, seperti bisul.

Simak Juga:

Demikian tadi beberapa manfaat masker daun kelor serta cara membuat masker daun kelor. Semoga artikel diatas menambah pengetahuan anda tentang khasiat tanaman obat yang ada disekitar yang bisa anda manfaatkan sendiri dirumah tanpa campuran bahan kimia berbahaya.