Thursday , December 1 2022
Ketahui Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Bukan rahasia lagi jika penyebab gigi kuning itu ada bermacam-macam. Meski demikian, bertambahnya usia merupakan salah satu faktor penyebab gigi kuning yang tidak dapat dihindari. Hal itu disebabkan menipisnya lapisan enamel gigi seiring dengan berjalannya usia seseorang. Sehingga menyebabkan lapisan dentin yang berwarna kuning akan semakin terlihat.

Beragam Penyebab Gigi Kuning

Tidak hanya karena faktor bertambahnya usia saja. Nyatanya ada beberapa penyebab gigi kuning lainnya yang perlu Anda waspadai.

1. Kebiasaan Minum Kopi dan Teh Hitam

Kebiasaan minum kopi dan teh hitam merupakan salah satu penyebab gigi kuning yang paling sering terjadi. Pasalnya, kedua minuman tersebut mengandung zat kromogen yang tinggi. Adapun kromogen itu sendiri adalah zat warna yang mampu meninggalkan bekas atau noda pada enamel gigi. Kareena itulah warna putih pada enamel gigi akan tertutup.

Tidak hanya itu saja, di dalam minuman kopi juga terkandung tanin dan zat asam dalam jumlah tinggi, di mana hal itu dapat mempengaruhi warna gigi Anda. Tanin pada kopi akan meninggalkan bekas atau noda pada enamel gigi, sementara itu zat asam akan memudahkan penyerapan tanin pada gigi.

2. Wine

Penyebab gigi kuning yang selanjutnya adalah wine. Sebab, di dalam wine terkandung kromogen dan tanin, di mana keduanya dapat meninggalkan noda di enamel gigi dan membuat gigi Anda terlihat menguning.

3. Jarang Menyikat Gigi

Gigi kuning juga bisa disebabkan akibat jarang menyikat gigi. Bukan rahasia lagi, jika menggosok gigi merupakan cara yang paling mudah dalam menjaga kesehatan dan warna gigi agar tetap putih alami.

Jika anda jarang menggosok gigi, maka sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel di enamel gigi akan tertinggal sehingga dapat membuat warna gigi Anda menguning.

4. Minuman Bersoda

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya Anda segera menghentikan atau mengurangi kebiasaan tersebut. Selain kurang baik untuk kesehatan tubuh, minuman bersoda juga dapat menyebabkan gigi kuning.

Hal itu disebabkan karena minuman bersoda mengandung kromogen dan zat asam tinggi sehingga bisa menjadikan gigi berwarna kuning.

5. Buah Berwarna Pekat

Penyebab gigi kuning yang berikutnya adalah kebiasaan mengonsumsi buah-buahan berwarna pekat. Ketika Anda memakan buah-buahan seperti bluberi, , beri hitam, cranberry, tomat, ceri, anggur ataupun buah delima, maka buah-buahan tersebut akan meninggalkan noda di gigi.

Sebab, pigmen warna dan partikel organik yang ada di dalam buah-buahan tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori enamel gigi, kemudian menempel di enamel sehingga membuat gigi menjadi kuning.

6. Permen

Beragam permen dengan pewarna buatan dapat memicu munculnya noda tipis di enamel gigi. Terlebih lagi permen yang berwarna gelap dan Anda terbiasa mengonsumsinya.

7. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga dapat menyebabkan gigi menguning akibat noda yang disebabkan oleh tar dan nikotin.

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Gigi kuning bisa menurunkan rasa percaya diri Anda, terlebih lagi bagi Anda yang sering bergaul dengan orang lain. Untuk itu Anda harus segera mengatasinya agar gigi Anda menjadi lebih putih dan sehat.

Cara paling mudah untuk mengatasi gigi kuning adalah dengan mencocokkan penyebabnya. Karena gigi kuning yang Anda alamai bisa saja beda penyebabnya dengan orang lain. Namun yang jelas, Anda harus rajin menggosok gigi selama dua menit atau lebih, minimal dua kali sehari.

Agar hasilnya maksimal, gunakan pasta gigi dengan bahan pemutih alami. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan pasta gigi Closeup White Attraction 2.5x Whitening Power.

Perlu Anda ketahui, pasta gigi Closeup White Attraction 2.5x Whitening Power ini diformulasikan secara khusus dengan 100% natural mineral clay, di mana mampu bekerja seperti “magnet”, sehingga dapat mengangkat noda kuning pada gigi secara alami, dalam 2 minggu penggunaan secara rutin menggosok gigi di pagi dan malam hari.

Selain itu, hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minumal beralkohol serta minuman bersoda. Kurangi pula konsumsi kopi dan teh hitam. Jika Anda gemar makan permen, sebaiknya Anda menggantinya dengan permen karet tanpa gula.