4 Cara Mudah Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

4 Cara Mudah Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi. Menggunakan popok sekali pakai memang sangat membantu bagi orang tua. Namun penggunaan popok sekali pakai atau diapers kadang malah membuat anak merasa tidak nyaman, rewel dan bahkan terjadi iritasi kulit seperti ruam popok.

Dermatitis popok iritan (bahasa inggris: irritant diaper dermatitis) adalah istilah umum untuk ruam kulit di daerah dipakainya popok akibat berbagai gangguan kulit dan/atau penyebab iritasi. Ruam popok ini dapat muncul baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Sebanyak 70% bayi dapat mengalami gejala gangguan kulit akibat popok mulai pada tujuh hari setelah kelahiran.

Ruam popok umum atau irritant diaper dermatitis (idd) bercirikan petak eritema yang bersambung dan kulit yang mengelupas terutama pada permukaan yang menonjol bulat, tidak memengaruhi lipatan kulit.

Ruam popok yang diikuti infeksi bakteri atau jamur cenderung menyebar ke permukaan berceruk (yaitu lipatan kulit), juga permukaan yang membulat, dan sering kali memunculkan eritema berdaging dengan pusat merah bersama bintil-bintil di tepi.

Biasanya hal tersebut dianggap termasuk dermatitis kontak iritan. Kata “popok” pada nama penyakit bukan karena popok menyebabkan munculnya ruam tetapi karena ruam dihubungkan dengan penggunaan popok, disebabkan oleh bahan yang terperangkap dalam popok (biasanya tinja). Dermatitis kontak alergi muncul dalam argumen tetapi hanya ada sedikit bukti yang mendukung hal ini. pada orang dewasa dengan inkontinensia (tinja, air seni, atau keduanya), ruam ini biasa disebut sebagai incontinence-associated dermatitis (iad)

Sebagai orang tua memang seharusnya dituntut untuk lebih peduli dengan bayi, setiap perubahan pada bayi serta keluhan pada bayi sebaiknya orang tua lebih peka dan cekatan. Pengetahuan dasar pada bayi harus orang tua pahami untuk selalu memberikan rasa nyaman pada bayi.

Popok sekali pakai memang terkadang bisa menimbulkan ruam popok bila orang tua lalai dalam penggunaannya misalnya popok sudah lembab atau membiarkan bayi menggunakan satu popok dalam beberapa jam.

4 Cara Mudah Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Namun bagi sikecil yang sudah mengalami ruam popok dan membutuhkan penanganan orang tu , berikut 4 cara yang bisa anda lakukan untuk memulihkan ruam popok atau untuk menghindari bayi terkena ruam popok.

  1. jaga kulit bayi selalu bersih dan kering

Salah satu hal terpenting untuk mengatasi ruam popok bayi adalah memastikan kulit di area selangkangannya selalu bersih dan kering. Ketika ibu sedang mengganti atau memakaikan popok untuk si kecil, usahakan untuk tidak terlalu ketat.

Bahkan, sesekali ibu juga dapat membiarkan bayi tanpa menggunakan popok untuk sementara waktu. Tujuannya agar kulit bayi tetap kering dan bisa bernapas dengan lega meski tertutup oleh popok.

Biasakan juga untuk mengeringkan kulit si kecil dengan menepuknya lembut menggunakan handuk atau kain. Hindari menggunakan tisu pembersih yang mengandung alkohol, serta menggosok area kulit bayi yang mengalami ruam terlalu keras.

Baca Juga:

  1. Rutin mengganti popok bayi

Jangan biarkan bayi yang mengalami ruam popok tetap menggunakan popok yang sama dalam jangka waktu lama, terutama jika popok sudah kotor. Bukannya cepat sembuh, membiarkan si kecil memakai popok terlalu lama dan kotor atau penuh saat mengalami ruam justru dapat memperparah iritasi kulit.

Oleh karena itu, pastikan ibu selalu rutin mengganti popok bayi, setidaknya segera ketika popok si kecil sudah kotor agar iritasi kulit tidak bertambah parah.

Saat ibu mendapati popok bayi telah kotor, entah karena urin atau feses, jangan tunda untuk membersihkan dan menggantinya dengan yang baru. Jangan biarkan urin dan feses mengenai kulit si kecil dalam waktu yang lama.

Jika menggunakan popok kain, pastikan ibu membilasnya hingga 2-3 kali saat mencuci untuk memastikannya terbebas dari sabun yang bisa memicu iritasi. Sedangkan bila ibu menggunakan popok sekali pakai, pilihlah jenis popok yang memiliki daya serap tinggi.

  1. Pastikan ukuran popok pas saat dipakai

Pemilihan popok juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian ibu. Sebaiknya, ibu tidak memilih popok yang terlalu ketat karena dapat memperparah ruam popok pada bayi.

Pastikan ibu juga memilih popok yang agak longgar sehingga lebih nyaman digunakan si kecil. Seiring bertambahnya usia dan perkembangan si kecil, usahakan ibu selalu membeli popok yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

  1. Pakai baby cream

Penggunaan baby cream sangat membantu dalam menangani masalah ruam popok. Baby cream mampu mengurangi peradangan pada kulit bayi serta mampu melembabkan kulit agar tidak kering dan mengelupas.

Selalu jaga kebersihan dan kesehatan buah hati agar tumbuh kembang anak dapat berjalan sesuai dengan kurva yang ditentukan. Pastikan anak merasa bahagia, aman, dan naman untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang anak.