Cara Membersihkan Telingan Bayi Yang Aman dan Nyaman


Cara Membersihkan Cerumen Pda Bayi Agar Aman dan Nyaman

Cara Membersihkan Telingan Bayi Yang Aman dan Nyaman. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dari berbagai umur pun sering mengalami penumpukan kotoran di telinganya. Telinga termasuk area sensitif, jadi Anda harus berhati-hati saat membersihkannya. Salah-salah membersihkannya, malah bisa menyebabkan infeksi telinga. Apalagi bila Anda sering menggunakan cotton bud atau alat tertentu saat membersihkan telinga bayi, ini malah bisa mendorong kotoran telinga bayi masuk lebih dalam ke telinga dan menyebabkan infeksi. Lantas, bagaimana cara membersihkan telinga bayi yang benar dan aman? Simak ulasannya berikut ini.

Kotoran telinga , juga dikenal dengan istilah medis cerumen , adalah zat lilin berwarna coklat, oranye, merah, kekuningan atau abu-abu yang disekresikan di saluran telinga manusia dan mamalia lainnya. Ini melindungi kulit saluran telinga manusia, membantu dalam pembersihan dan pelumasan, dan memberikan perlindungan terhadap bakteri , jamur , dan air.

Kotoran telinga terdiri dari sel-sel kulit mati , rambut, dan sekresi cerumen oleh kelenjar seruminous dan sebaceous dari saluran telinga luar. Komponen utama dari kotoran telinga adalah asam lemak rantai panjang , baik jenuh maupun tidak jenuh , alkohol, squalene , dan kolesterol . Kelumen yang berlebihan atau padat adalah penumpukan kotoran telinga yang menyebabkan penyumbatan di saluran telinga dan dapat menekan gendang telinga atau memblokir saluran telinga luar atau alat bantu dengar, yang berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran.

Kotoran telinga berwarna kecokelatan hingga kekuningan. Pada anak-anak dan bayi, tekstur serumen lebih lembut dan ringan. Selama dokter masih mampu melihat gendang telinga bayi meski terdapat serumen di dalamnya, hal ini termasuk normal dan wajar. Namun, jika kotoran telinga menghalangi gendang telinga, barulah menjadi masalah yang memerlukan penanganan.

Pada dasarnya, kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus dibersihkan. Namun, bukan berarti para orangtua bisa mengabaikannya atau membersihkannya secara sembarangan. Salah-salah membersihkannya, malah menimbulkan gatal dan infeksi.

Cara Membersihkan Telingan Bayi Yang Aman dan Nyaman

Anda bisa membersihkan telinga bayi, agar bayi tetap nyaman saat proses pembersihan perlu gunakan langkah berikut.

Baca Juga:

Gunakan waslap dan air hangat

Pertama-tama, siapkan waslap yang dicelupkan ke air hangat suam-suam kuku. Setelah itu, peras waslap sampai tidak ada air yang tersisa, untuk mencegah air masuk ke dalam telinga bayi.

Kemudian, bersihkan bagian luar telinga bayi dengan lembut, namun hindari memeras atau meremas handuk di dekat lubang telinga bayi. Selain menggunakan waslap, Anda juga bisa membersihkan telinga Si Kecil menggunakan kapas berbentuk bulat yang telah dibasahi dengan air hangat.

Pakai cairan pembersih telinga bila diperlukan

Bila dirasa perlu, Anda bisa menggunakan cairan pembersih telinga untuk membersihkan telinga Si Kecil. Cairan pembersih telinga relatif aman digunakan jika Anda dapat melihat dengan jelas kotoran yang menyumbat telinga Si Kecil.

Meski demikian, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu. Dokter dapat memberikan resep cairan pembersih telinga yang aman digunakan oleh bayi.

Setelah diizinkan oleh dokter untuk menggunakan cairan pembersih telinga, Anda bisa membersihkan telinga bayi dengan cara berikut ini:

  • Siapkan cairan pembersih telinga sesuai dengan keterangan pada petunjuk pemakaian.
  • Cuci tangan Anda hingga bersih.
  • Pastikan Anda menggunakan cairan pembersih telinga saat bayi sedang dalam keadaan yang tenang.
  • Miringkan kepala bayi sehingga telinga menghadap ke atas.
  • Tarik lembut daun telinga bayi untuk meluruskan posisi liang telinga.
  • Teteskan cairan pembersih ke dalam liang telinga bayi.
  • Pastikan bayi tetap dalam posisi berbaring selama kurang lebih 5 menit untuk memastikan bahwa cairan pembersih sudah benar-benar masuk ke telinganya.
  • Tutup lubang telinga dengan bola kapas, agar cairan pembersih telinga tidak mengalir ke luar.
  • Hal-Hal yang Perlu Dihindari saat Membersihkan Telinga Bayi

Agar lebih aman, beberapa hal berikut sebaiknya dihindari ketika membersihkan telinga bayi:

Pemakaian cotton bud

Hal pertama yang perlu Anda hindari saat membersihkan telinga bayi adalah penggunaan cotton bud. Menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga justru berisiko membuat kotoran semakin terdorong ke dalam telinga bayi.

Mengorek telinga dengan jari

Hindari membersihkan telinga Si Kecil menggunakan jari ya, Anda, meskipun jari Anda bersih. Hal ini karena membersihkan telinga dengan jari tangan dapat membuat telinga bayi terluka dan terinfeksi.

Simak Juga:

Telinga bayi memang bisa Anda bersihkan sendiri, namun sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu. Terlebih jika bayi tampak mengalami gangguan pendengaran, gelisah dan rewel tanpa sebab yang jelas, atau ada cairan yang keluar dari telinganya. Setelah mendapat rekomendasi perawatan dan pengobatan dari dokter, langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan telinga bayi.