Cara Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Agar Cepat Kering


Cara Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan

Cara Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Agar Cepat Kering. Robekan yang terjadi pada jalan lahir ketika seorang ibu melahirkan disebabkan oleh banyak faktor diantaranya akibat tekanan yang sangat kuat sewaktu mengejan, ada yang sengaja digunting untuk memperlebar jalan lahir. Akibat dari luka tersebut seseorang memerlukan jahitan antara anus dengan vag*na. Agar luka jahitan cepat mengering maka perlu beberapa makanan yang wajib dikonsumsi serta menjaga kebersihan are kewanitaan untuk menghindari infeksi.

Namun sebelumnya perlu diingat, sebenarnya tidak semua ibu mengalami robekan saat persalinan normal. Namun ada pula yang mengalami robekan dengan tingkat ringan yang biasanya tidak membutuhkan jahitan, serta robekan dengan tingkat sedang hingga parah yang membutuhkan jahitan luar maupun dalam. Semua tergantung dari tahap episotomi yang dialam.

Jahitan episotomi merupakan jahitan yang dibuat sebagai hasil dari robekan perineum. Ada beberapa hal yang menyebabkan episotomi/ guningan perlu dilakukan saat persalinan normal diantaranya

  • Kelahiran bayi pertama
  • Posisi bayi sungsang
  • Berat bayi lebih dari 4 kg
  • Bayi lahir dengan alat bantu forceps

Namun anda tidak usah khawatir, karena luka jahitan tersebut akan sembuh dalam jangka waktu 1 bulan setelah melahirkan. Bahkan ada beberapa ibu yang mengalami penyembuhan kurang dari satu bulan dan ada pula yang lebih dari satu bulan. Salah satu yang menjadi faktorpemulihan luka jahitan diantara menjaga kebersihan bekas luka serta memperhatikan asupan ibu.

Cara Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Agar Cepat Kering

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk merawat luka jahitan setelah melahirkan agar cepat kering dan pulih kembali.

Simak Juga:

  1. Melakukan istirahat cukup

Dengan istirahat yang cukup, tentu dapat memulihkan keletihan setelah persalinan. Istirahat di sini bukan berarti Anda tak boleh bergerak dengan leluasa, hanya saja Anda wajib menghindari beberapa aktivitas yang berlebihan dan memperoleh tidur yang cukup.

Sangat disarankan untuk tetap bergerak, duduk, berjalan, hingga mengurus bayi dengan tujuan mempercepat proses penyembuhan robekan tersebut.

  1. Gunakan WC duduk

Sangat disarankan Anda menggunakan WC duduk ketika buang air kecil ataupun besar, jangan memakai WC jongkok karena dapat membuat tekanan yang sangat tinggi pada daerah jalan lahir hingga daerah jahitan yang akan menimbulkan rasa sakit, nyeri bahkan ketegangan sehingga memperlama proses penyembuhan.

Pada bahkan sebagian orang, hal ini malah membuat  jahitan dapat terkoyak kembali.

  1. Mengkonsumsi banyak protein

Salah satu mitos yang kerap muncul namun terbukti salah yakni setelah melahirkan Anda tak boleh makan ikan, telur bahkan daging karena dapat menghambat penyembuhan bekas luka. Telur, daging beserta ikan merupakan sumber protein yang wajib dikonsumsi karena bisa membantu Anda mempercepat penyembuhan luka bekas jahitan dan pastinya sangat dibutuhkan selama masa menyusui. Sangat disarankan untuk Anda mengkonsumsi ikan Gabus.

  1. Mengatur posisi duduk yang nyaman

Merawat jahitan setelah melahirkan selanjutnya yakni posisi duduk harus nyaman terutama saat menyusui ataupun beraktivitas. Selain itu, kamu harus menghindari posisi yang terbuka lebar hingga posisi dengan duduk jongkok karena dapat menyebabkan bekas jahitan yang belum sembuh robek kembali.

  1. Mengkonsumsi banyak serat

Makanan kaya serat misalnya seperti buah-buahan hingga sayuran hijau pun sangat disarankan untuk dikonsumsi demi membantu memperlancar buang air besar, karena buang air besar yang tak lancar dapat membuat Anda kerap mengejan sehingga bekas jahitan akan semakin lama pulihnya, bahkan dapat robek kembali.

Baca Juga:

  1. Menggunakan cairan antiseptik

Sangat disarankan untuk menambahkan cairan antiseptik ke dalam air hangat, lalu siram ke sekitar jahitan namun secara perlahan. Air hangat bisa meringankan nyeri hingga sakit sedangkan cairan antiseptik bisa membunuh kuman.

Demikian tadi cara merawat luka bekas jahitan setelah proses melahirkan agar lebih cepat kering dan anda bisa beraktifitas seperti sebelumnya. Namun perlu diingat, sebelum memegang bekas luka sebaiknya tangan dalam kondisi bersih, gunakan alat yang sudah disterilkan. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda semua.