Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan, Cara Alami Turunkan Kolesterol


Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan, Mampu Membuat Kulit Menjadi Kinclong

Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan, Cara Alami Turunkan Kolesterol. Tomat, merupakan jenis sayuran yang paling sering kita temui. Tomat lebih sering digunakan dalam sayuran atau dibuat jus. Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah tomat dengan mengkonsumsinya. Manfaat tomat tidak hanya untuk kesehatan saja namun juga untuk kecantikan kulit serta mampu mencukupi nutrisi harian kita.

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.


Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:

  • granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
  • gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar ‘Gondol Hijau’ dan ‘Gondol Putih’, dan keturunan dari kultivar impor ‘Roma’) dan termasuk pula tomat buah,
  • sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
  • ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Nutrisi di dalam satu porsi tomat mentah meliputi, vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Tomat juga menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, Fosfor dan tembaga.

Tomat mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid.

Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan, Cara Alami Turunkan Kolesterol

Kandungan nutrisi yang begitu banyak pada tomat tak heran bila buah dengan warna merah dan berbentuk imut ini memiliki khasiat yang begitu banyak. Berikut manfaat tomat untuk kesehatan, salah satunya mampu menurunkan kolesterol yang belakangan menjadi keluhan bagi kebanyakan orang.

Baca Juga:

Menurunkan Kolesterol

Pernahkah Kamu merasa pusing dibagian kepala belakang tanpa sebab, bisa jadi itu merupakan tanda naikknya kadar kolesterol dalam darah. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi jus tomat, karena jus tomat mengandung niacin dan kaya akan serat yang mampu menurunkan sekaligus menstabilkan kolesterol dalam tubuh.

Membantu Diet Tubuh

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, anda bisa mengkonsumsi 1 gelas jus tomat setiap harinya. Karena jus tomat mampu menghilangkan lemak yang menumpuk dan menstabilkannya kolesterol.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi bisa dipicu oleh banyak factor. Namun bila anda memiliki gangguan kesehatan hipertensi, anda bisa mengkonsumsi jus tomat. Buah ini memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah dan menyehatkan jantung.

Menjaga Kesehatan Tulang

Pernahkan terfikirkan tentang kandungan kalsium pada tomat yang begitu tinggi, buah ini memang kaya kalsium serta mengandung likopen dan vitamin K yang berkonstribusi dalam menjaga kekuatan tulang. Dengan rutin mengonsumsi jus tomat, Kamu bisa terhindar dari berbagai macam gangguan tulang, misalnya saja rakitis, skoliosis, dan osteoporosis

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Mata merupakan jendela bagi Kita untuk melihat keindahan dunia. Sedikit saja pengelihatan terganggu, pasti rasanya teramat sakit. Maka dari itu, jagalah kesehatan mata dengan cara memperbanyak asupan vitamin A. Salah satunya melalui konsumsi jus tomat.

Tomat memiliki kandungan vitamin A sekaligus vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan pengelihatan Kita, melindungi mata dari efek cahaya radikal dan mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak atau rabun mata.

Mengatasi Diabetes

Jika anda memiliki keluhan atau didiagnosis menderita diabetes wajib mengkonsumsi jus tomat minimal 1 gelas sehari. Buah ini memiliki kandungan mineral berupa kromium yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Disamping itu, tomat juga tinggi serat sehingga efektif dalam menstabilkan tingkat gula darah.

Mengatasi Insomnia

Jika Kamu termasuk salah satu orang yang mengalami gangguan sulit tidur ini, cobalah mengomsumsi buah tomat. Dengan meminum segelas jus tomat di malam hari, maka tidur akan menjadi lebih nyenyak.

Mengurangi Risiko Kanker

Jus tomat juga bermanfaat untuk menghindari risiko penyakit kanker. Ketika mengonsumsinya, tubuhmu akan memperoleh asupan senyawa likopen yang berguna dalam melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal. Umumnya tomat dijadikan obat tradisional untuk mengatasi penyakit kanker prostat.

Menjaga Kesehatan Rambut

Kadar vitamin A yang tersimpan dalam tomat sangatlah tinggi, sehingga tidak heran jika buah ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan kesehatan rambut. Dengan menjadikan tomat sebagai menu harian, Kamu tidak hanya memperoleh rambut yang lembut berkilau, tetapi juga terhindar dari kerontokan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mungkin manfaat yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga kita. Yuph, tomat sudah cukup populer digunakan sebagai lulur untuk mempercantik kulit. Kandungan antioksidannya dapat memperbaiki sel-sel kulitmu dari efek membahayakan sinar UV, kotoran, debu, dan sisa-sisa kosmetik yang memicu penuaan.

Baca Juga:

Ternyata banyak sekali manfaat jus tomat untuk kesehatan yang tak hanya mampu menurunkan kolesterol saja namun cara ampuh mengatasi diabetes dengan cara alami. Anda bisa rutin mengkonsumsi tomat baik dikonsumsi langsung, dibuat jus atau untuk tambahan pada sayur agar hidup lebih sehat. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda dan menambah pengetahuan anda tentang bahan alam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit.


manfaat tomat mentah untuk kolestrol