7 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dan Anak-anak


Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

7 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dan Anak-anak. Cara mengeluarkan dahak pada bayi seharusnya sudah dikuasai orang tua sejak awal. Pasalnya dahak merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menghampiri bayi dan anak-anak, penyebab dahak bisa beraneka macam misalnya batuk pilek, demam, sakit tenggorokan, radang tenggorokan, alergi terhadap sesuatu atau masalah sinusitis.

Dahak atau sputum adalah mukus yang keluar saat batuk dari saluran pernapasan atas. Dalam dunia kedokteran, sampel dahak biasanya digunakan untuk investigasi mikrobiologi infeksi pernapasan dan investigasi sitologi sistem pernapasan.

Sampel dahak terbaik adalah yang mengandung sangat sedikit saliva atau air liur, karena air liur dapat mengontaminasi sampel dengan bakteri oral. Sampel kemudian diteliti oleh mikrobiolog klinis dengan memeriksa pewarnaan gram pada dahak. Lebih dari 25 sel epitelia skuamosa diperbesar untuk mengetahui kontaminasi saliva.

Purulent sputum atau dahak bernanah mengandung nanah yang terdiri dari sel-sel darah putih, sel dan jaringan mati, cairan serus, dan cairan lendir kental (mukus). Dahak ini umumnya berwarna kuning atau hijau dan biasanya terkait dengan gejala bronkiektasis, abses paru, bronkitis stadium lanjut, atau infeksi saluran pernapasan atas akut seperti pilek dan laryngitis.

7 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dan Anak-anak

Cara mengeluarkan dahak pada bayi sebenarnya tidak begitu sulit. Orang tua dapat membantu si bayi mengeluarkan dahak dengan berbagai cara. Dengan begitu, bayi tidak perlu menangis dan merasa tidak nyaman lagi. Berikut 7 cara mudah mengeluarkan dahak  pada bayi dan anak-anak

  1. Menghirup uap

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang pertama adalah menghirup uap. Dengan cara ini, masalah dahak pada bayi dapat teratasi karena air uap ini dapat membuat dahak menjadi lebih encer.

Sehingga dengan melakukan cara mengeluarkan dahak pada bayi satu ini, dahak menjadi lebih mudah dikeluarkan. Begini cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan menghirup uap:

Pertama-tama kamu harus menyiapkan baskom berisi air hangat. Air tersebut bisa dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya.

Selanjutnya, bawa bayi mendekat ke baskom tersebut agar dia bisa menghirup uap dari air hangat dalam baskom

Bayi diposisikan tengkurap

Dengan sedikit menepuk-nepuk punggung bayi, dahak pada bayi perlahan-lahan akan menjadi lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan

Dalam melakukan cara ini kamu wajib berhati-hati. Jangan sampai bayi malah terjatuh ke dalam baskom dan basah kuyup dengan air hangat tersebut. Selain itu, tunggu sampai air uapnya tidak terlalu panas agar tidak berakibat buruk pada wajah si bayi.

Baca Juga: Cara Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi atau Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

  1. Menghangatkan tubuh bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang kedua adalah dengan menghangatkan tubuhnya. Menghangatkan tubuh bayi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang pertama dalam hal ini bisa dilakukan dengan memandikan bayi atau berendam beberapa saat di dalam air hangat agar tubuhnya menjadi hangat. Dengan begitu suhu tubuh bayi menjadi hangat juga dan dahak bisa menjadi lebih encer untuk dikeluarkan.

Selain itu, bayi juga bisa dipakaikan baju hangat dan dioleskan minyak telon/minyak kayu putih pada tubuhnya untuk menghangatkannya. Namun, ada beberapa bayi yang memiliki alergi dengan minyak telon, jadi perhatikan hal ini baik-baik.

Ruangan tempat bayi berisitirahat harus dijaga kehangatannya dan juga bersih dari debu agar dahak tidak semakin menumpuk. Dengan menghangatkan tubuh bayi, maka bayi tidak akan gelisah dan rewel lagi karena dahaknya sudah bisa dikeluarkan.

  1. Berjemur di pagi hari

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya adalah berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi memang sangat baik untuk kesehatan bayi. Bahkan sinar matahari pagi juga sangat bermanfaat untuk orang dewasa sekalipun.

Bahkan dengan melakukan salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi ini, bayi juga mendapatkan manfaat lainnya seperti pada kesehatan pernapasan dan tulangnya. Dahak bayi akan menjadi encer saat menyerap hangatnya sinar matahari pagi, sehingga lebih mudah mengeluarkan dahaknya.

Begini langkah-langkah yang perlu dilakukan saat bayi berjemur sinar matahari pagi:

  • Bayi berjemur sekitar 10 menit di bahwa sinar matahari antara pukul 7-8 pagi.
  • Posisikan bayi dengan tengkurap di pangkuan, kepalanya sedikit lebih rendah dari tubuhnya. Lalu oleskan minyak telon pada dada dan punggungnya
  • Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut maka dahak dari tenggorokan bayi dapat dikeluarkan. Selain itu, dahak yang tidak keluar dari tenggorokan bayi tersebut akan tertelan dan dikeluarkan bersama dengan kotoran ataupun urin nantinya.

Simak Juga:

  1. Telungkupkan dan tepuk punggung bayi dengan perlahan

Cara mengeluarkan dahak pada bayi satu ini merupakan cara paling umum dan paling mudah dilakukan. Namun, walaupun begitu kamu tetap harus melakukannya dengan berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Begini cara mengeluarkan dahak pada bayi yang sederhana:

  • Posisikan bayi dalam posisi tengkurap
  • Lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan perlahan
  • Dahak pada bayi biasanya akan dimuntahkan bayi atau bisa juga dikeluarkan bersama kotoran atau urin nantinya

Cara ini bisa dilakukan juga dengan mengombinasikannya dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya. Menelungkupkan dan menepuk-nepuk punggung bayi dengan perlahan merupakan cara yang bisa dilakukan dengan cara menghirup uap dan juga menjemurnya di sinar matahari pagi.

  1. Meberikan tetesan air garam pada hidung bayi

Memberikan tetes hidung dengan cairan garam fisiologis atau garam murni. Garam jenis ini tersedia dan banyak dijual di apotek.

– Bila belum ada perbaikan, kita bisa mengikutkannya fisioterapi/terapi inhalasi.

– Dengan cara ini, bayi akan diuap sehingga lendir menjadi cair, lendir yang lengket di paru ataupun di saluran pernapasan dan makan akan luluh, lalu lendir keluar dari tubuh dengan cara dibatukkan atau lewat fases.

  1. Membalurkan Bawang merah keseluruh tubuh bayi

Bawang merah selain mampu menghangatkan tubuh banyi ternyata juga memiliki manfaat yang banyak salah satunya mampu meredakan demam anak dan mengeluarkan dahak bayi.

  1. Meningkatkan system imun bayi

Dengan meningkatkan system imun bayi maka bayi akan melawan virus yang masuk pada tubuhnya. Serta jangan lupa cukupi kebutuhan cairan bayi agar bayi tidak hidrasi.

Baca Juga:

Begitulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang dapat dilakukan di rumah.cara-cara ini memang sederhana dan sangat mudah dilakukan, namun dalam melakukannya orang tua tetap harus hati-hati dan konsentrasi penuh agar bayi bisa sembuh secepatnya. Bila masalah dahak pada bayi tidak kunjung mereda, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar lebih jelas apakah ada masalah kesehatan lain yang dialami oleh si bayi.