Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi


Cara Mengobati Biang Keringat

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi. Bagaimana cara menghilangkan biang keringat pada anak umur 1 dan 2 tahun dan apa obat biang keringat alami. Biang keringat juga dikenal sebagai miliaria, merupakan ruam yang gatal, bintik-bintik merah kecil timbul yang menyebabkan rasa menyengat atau tusukan pada kulit. Bingan keringat ini sering menyerang pada bayi dan anak yang memasuki umur 3 bulan, 1 tahun maupun 2 tahunan. Cara mengatasi biang keringan pada balita ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para orang tua yang akan dibahas oleh manfaatcaranya.com dibawah ini.

Biang keringat terjadi akibat sumbatan pada saluran kelenjar keringat di kulit tubuh, apabila hal ini dibiarkan pada bayi bisa berakibat tidak nyamanya dalam melakukan gerak. Yang membuat biang keringat salah satunya adalah sensitifnya kulit bayi. Cara menghilangkan biang keringat pada bayi harus dilakukan sesuai petunjuk dokter, atau cara alami yang bisa dilakukan di rumah.

Penyebab biang keringat pada bayi disebabkan karena lingkungan yang panas atau hangat, serta pakaian terlalu tebal bisa menyebabkan biang keringat pada bayi. Bintik-bintik terkadang terlihat seperti lecet kecil. Ini dapat menyebabkan pembengkakan ringan, gatal, dan tusukan-tusukan menyengat. Biang keringat memang bukan penyakit yang berbahaya, namun bisa menular melalui kontak fisik, udara, atau pakaian. Pada kesempatan lainya MC (manfaatcaranya.com) telah membahas mengenai Cara Membuat Instalasi Biogas yang Sederhana dan Cara Atasi Nasi Bau di Ricecooker

Suhu panas menyebabkan badan berkeringat, namun karena pakaian terlalu tebal membuat keringat tidak bisa keluar, keringat akan mengalir ke jaringan kulit di sekitar kelenjar keringat. Hal ini memicu iritasi dan kemerahan pada kulit. Kadang orang tua merasa bingung dan mencari informasi di internet mengenai obat biang keringat pada bayi 1 tahun, cara mengatasi biang keringat pada kepala bayi, nama bedak untuk biang keringat, obat alami biang keringat pada wajah bayi, sabun untuk biang keringat bayi 0-1 tahun dan cara mengobati biang keringat secara alami.

Jenis Biang Keringat

Berikut manfaatcaranya.com akan berikan informasi mengenai jenis-jenis biang keringan yang sering dialami.

Miliaria kristalina: Sumbatan yang terjadi pada bagian atas dari lapisan kulit.

Ciri-ciri:

Gelembung kecil berukuran 1-2 mm, berisi cairan jernih seperti tetesan air, namun tanpa disertai munculnya kulit kemerahan. Lokasi: Dahi, leher, punggung dan dada.

Miliaria rubra: Sumbatan terjadi pada bagian tengah lapisan kulit.

Ciri-ciri:

Gelembung kecil, masih berukuran 1-2 mm dan berwarna merah. Gelembung biasanya tersebar, tapi dapat juga berkelompok. Disertai keluhan sangat gatal dan pedih bila berkeringat. Biang keringat ini paling sering ditemukan. Lokasi: Bagian-bagian tubuh yang tertutup pakaian dan yang tergesek pakaian.

Miliaria profunda: Sumbatan terjadi pada bagian dalam dari lapisan kulit.

Ciri-ciri:

Bintil-bintil putih berukuran 1-3 mm, dan tidak disertai kulit yang kemerahan. Tidak juga menimbulkan rasa gatal. Biang keringat ini jarang sekali dijumpai. Lokasi: Badan, lengan dan tungkai.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Kadang orang tua merasa kebingungan ketika pertama kali bayi mengalami hal ini, jadi sebenarnya biang keringat ini bisa diatasi tanpa pengobatan khusus dan ruam biasanya hilang setelah beberapa hari. Menghindari panas dengan tinggal di tempat teduh dan mengenakan pakaian katun longgar akan membantu meringankan gejala biang keringat.

Jaga senangtiasa kulit Anda tetap dingin dengan cara mandi, mandi juga akan membantu mencegah keringat berlebihan. Tinggal di ruang ber-AC selama beberapa jam sehari juga akan memberikan bantuan yang cukup.

Menerapkan lotion calamine akan meredakan daerah kulit yang terkena. Anda juga dapat menggunakan krim hidrokortison jika kulit Anda sangat perih dan gatal. Obat biang keringat ini bisa di beli di Apotek terdekat.

Cara Mengobati Biang Keringat Secara Alami

1. Cendana
Caranya dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar, lalu oleskan campuran ini pada bagian tubuh yang mengalami biang keringat.

2. Lidah buaya
Caranya cukup mudah yaitu cukup campukan daging lidah buaya dengan air mawar lalu di balurkan pada kulit.

3. Lemon
Buah lemon menurut penelitian mampu mengontrol minyak berlebih akibat pengeluaran keringat. Para orang tua dapat memandikan si kecil dengan air dicampur perasan lemon untuk mengurangi gejala biang keringat.

Baca Juga:

Lalu bagaimana mencegah biang keringat pada bayi? Cukup menghindari memberi pakaian yang terlalu tebal pada bayi terutama saat cuaca panas dan suhu tinggi. Dan memakai pakaian tipis berbahan katun yang menyerap keringat. Itulah informasi cara mengatasi (mengobati) biang keringat secara alami yang bisa di terapkan para orang tua di rumah.