Cara Membuat Yoghurt Plain dan Bibitnya


Cara Membuat Yoghurt Plain Dan Bibitnya

Cara Membuat Yoghurt Plain dan Bibitnya. Pada kesempatan kali ini manfaatcaranya.com (MC) akan membahas mengenai bagaimana cara mudah membuat yogurt seperti Yakult dan Cimory. Langkah-langkah membuat yogurt memang sudah banyak di bahas di internet seperti cookpad mauput chanel youtube. Namun tidak ada salahnya laman MC membantu anda untuk belajar membuat yogurt plain ala rumahan yang siapa tahu dapat memberikan pundi-pundi penghasilan dari usaha tersebut.

Beberapa produk yogurt yang paling terkenal adalah Yakult dan Cimory yang keduanya telah masuk di seluruh toko maupun swalayan yang ada di Indonesia. Membuat yogurt bisa dikatakan mudah, karena persiapannya tidak perlu memerlukan banyak alat. Yogurt sendiri merupakan susu yang difermentasikan oleh bakteri. Yogurt dapat dibuat dengen menggunakan susu hewan maupun nabati. Belakangan ini, produk yogurt mayoritas menggunakan susu sapi.

Yoghurt tetap menjadi makanan di Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Barat, Eropa Tenggara dan Eropa Tengah hingga 1900. Teori yang belum dibuktikan oleh biologis Rusia bernama Ilya Ilyich Mechnikov bahwa konsumsi berat yoghurt-lah yang menyebabkan rentang hidup petani Bulgaria yang panjang.

Mechnikov yang mempercayai Lactobacillus penting untuk kesehatan, berusaha memopulerkan yoghurt sebagai bahan makanan di Eropa. Wiraswastawan yang bernama Isaac Carasso tertarik untuk membuat industri yoghurt. Pada 1919, Carasso memulai yoghurt komersial di Barcelona, menamakan bisnisnya Danone berdasarkan nama anaknya. Di Amerika Serikat, lebih dikenal dengan nama ‘Dannon’.

Yoghurt dengan tambahan selai buah diciptakan untuk melindungi yoghurt dari pembusukan. Ini dipatenkan pada 1933 oleh Radlická Mlékárna di Praha.

Yogurt

Sebenarnya apa sich yogurt itu? Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Selanjutnya untuk anda yang sering mengkonsumsi yogurt secara berkala dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda dan keluarga. Pencernaan yang sehat akan membuat ketahanan tubuh tetap terjaga. Membuat yogurt di dapur Anda tidak susah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat yogurt:

  1. 1000 ml Susu segar
  2. 1/2 Cangkir Yogurt Plain (yogurt dengan kandungan bakteri yang masih hidup/bakteri probiotik)

Baca Juga:

Cara Membuat Yoghurt Plain

Selanjutnya akan kami sampaikan tahapan-tahapan dalam membuat yogurt yang bisa anda simak berikut ini.

1. Tuang susu ke dalam panci dan panaskan menggunakan kompor dengan api kecil sambil diaduk perlahan, bisa juga menggunakan oven dengan temperature hingga 85 derajat celcius. Perlu diperhatikan saat proses pemansan jangan sampai susu mendidih dan hangus pada bagian bawah. Proses ini bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.

2. Setelah merasa cukup, angkat susu dan dinginkan dengan meletakkan panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air sambil diaduk secara perlahan hingga suhu susu mencapai 43 derajat celcius.

3. Saat mencapai temperatur yang diinginkan, tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri hidup kedalam panci yang berisi susu tersebut. Aduk yogurt dengan susu hingga rata secara keseluruhan.

4. Pindahkan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam wadah bersih. Tutup rapat atau tutup dengan apa pun yang tidak menyediakan ruang udara bisa masuk agar proses inkubasinya berjalan dengan sempurna.

5. Saat proses inkubasi terjadi, diamkan cairan yogurt agar cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Pastikan temperatur saat proses inkubasi terjadi ada pada 38 derajat celcius. Proses ini akan memakan waktu selama 7 jam. Semakin lama didiamkan maka tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.

6. Setelah mendiamkan selama 7 jam atau lebih, dinginkan yogurt yang telah mengental beberapa jam sebelum dikonsumsi agar yogurt lebih awet atau menambahkan waktu sebelum kadaluarsa sebanyak 1 hingga 2 minggu.

Baca Juga:

Nah, mudah bukan cara membuat yogurt plain seperti yakult dan cimori. Untuk lebih jelasnya bisa melihat tutorial membuat yogurt di youtube. Terima kasih sudah mampir ke laman ManfaatCaranya.com, semoga bisa menginspirasi Anda semua.