Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil, Mampu Mencegah Bayi Lahir Cacat


Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil

Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil, Mampu Mencegah Bayi Lahir Cacat. Brokoli sayuran dengan warna hijau yang menyerupai kembang kol ini sekarang banyak diminati masyarakat. Mengingat kandungan nutrisi yang terdapat pada brokoli begitu banyak tak hanya itu saja, brokoli juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kecantikan, dan untuk ibu hamil. Namun kali ini kita akan membahas lebih lengkap tentang manfaat brokoli untuk ibu hamil yang memiliki peran yang begitu besar untuk membentuk tulang janin dalam kandungan agar janin tidak terlahir cacat. Namun sebelum membahas tentang apa saja manfaat brokoli untuk ibu hamil, alangkah baiknya kita mengulik sedikit pengetahuan tentang brokoli.

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. (wikipedia)

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Kandungan gizi yang terdapat pada brokoli antara lain protein, asam lemak omega 3, karbohidrat, kalsium, potasium, fosfor, besi, zinc, vitamin A, B1, B2, B6, B3, B5, folat, vitamin C, E, K, serat triptofan. Tak heran bila brokoli dijuluki sisuper food.

Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil Terlengkap

Lantas apa saja manfaat brokoli untuk ibu hamil?

Berikut akan kita kupas lebih lengkap tentang manfaat brokoli untuk ibu hamil dan janin yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan.

Baca Juga:

Mencegah konstipasi

Konstipasi sangat sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Penyebabnya beragam, salah satunya perubahan hormon dan metabolisme tubuh. Selain itu, suplemen zat besi juga memberi dampak besar bagi pencernaan bumil. Brokoli kaya akan serat yang membantu menyehatkan pencernaan ibu, dan tentu saja efektif mencegah konstipasi.

Mencegah Anemia

Saat hamil, tubuh Anda sangat membutuhkan asupan zat besi, dan defisiensi dapat menyebabkan anemia. Untuk itu, konsumsi saja brokoli yang kaya akan zat besi dan asam folat.

Mengatur Kadar Gula Darah

Diabetes gestasional terjadi jika tubuh Anda tidak bisa menghasilkan cukup insulin untuk memecah gula darah yang Anda konsumsi saat hamil. Brokoli membantu melancarkan kadar gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan daya tahan tubuh yang baik selama kehamilan, maka turut mencegah terjadinya infeksi. Kandungan betakaroten dan selenium dalam brokoli meningkatkan imunitas tubuh lho, Moms!

Memperkuat Tulang

Selama hamil, Anda rentang mengalami masalah yang berkaitan dengan tulang, seperti osteoporosis. Brokoli memilih semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memiliki tulang yang lebih kuat. Nutrisi itu adalah kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Melindungi Kulit

Brokoli mengandung vitamin A, E, B, dan K, yang baik untuk melindungi kulit Anda. Untuk itu, mengonsumsi brokoli saat hamil dapat melindungi kulit dari sinar UV, dan bahkan bisa mencerahkan kulit Anda.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam brokoli tidak hanya dapat meningkatkan imunitas tubuh, tapi juga meningkatkan kesehatan mata. Beta-karoten dan vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata Anda, Moms!

Mencegah Kanker

Brokoli mengandung banyak phytochemicals, yang dikenal baik untuk mencegah kanker. Banyak mengonsumsi brokoli dapat membantu Anda dan janin terhindar dari kanker saat hamil.

Mencegah Cacat Lahir

Tahukah Anda kalau kekurangan nutrisi saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir cacat. Jika Anda mengonsumsi brokoli saat hamil, maka Anda juga mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi di dalam perut. Kabar baiknya, segala nutrisi baik ini juga bisa membantu mencegah bayi lahir cacat.

Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Perpaduan vitamin C, K, folat, zinc, kalsium, dan zat besi dalam brokoli sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan janin.

Baca Juga:

Demikian tadi manfaat brokoli untuk ibu hamil yang begitu banyak serta bermanfaat juga untuk janin dalam kandungan. Selalu dapatkan info menarik seputar kehamilan lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com. semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda.