3 Cara Mengatasi Jerawat Batu Dengan Sayuran


Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Sayuran

3 Cara Mengatasi Jerawat Batu Dengan Sayuran. Untuk menghilangkan jerawat batu tidak perlu jauh-jauh ke klinik kecantikan, dokter kulit, atau membeli obat jerawat yang mahal harganya. Penanganan jerawat batu memang membutuhkan tenaga ekstra, serta ketlatenan. Namun sekarang banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat batu.

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.” Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Penyebab terjadinya jerawat ternyata tidak hanya factor kebersihan saja namun produksi minyak yang berlebih, sel kulit mati yang menumpuk, penggunaan handpone, bakteri, kosmetik bahkan obat-obatan juga berpengaruh. Anda bisa menghindari penyebabnya agar jerawat tidak tumbuh diwajah anda. Dari macamnya jerawat dibedakan menjadi

  1. Komedo

Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

  1. Jerawat biasa

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

  1. Jerawat batu (Cystic acne)

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:

  • Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  • Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

3 Cara Mengatasi Jerawat Batu Dengan Sayuran

Berikut beberapa cara mengatasi jerawat batu dengan menggunakan berbagai macam sayuran yang ada disekitar dan hasilnyapun sangat memuaskan. Cara dibawah bisa anda terapkan setiap hari untuk mencegah timbulnya jerawat.

Menggunakan Tomat

Buah yang juga termasuk sayuran ini sangat mujarab untuk menghilangkan jerawat. Tomat banyak mengandung lycopene dan SPF 1,3 yang penting bagi kulit anda. Anda dapat mengkonsumsi tomat utuh atau menggunakan tomat sebagai masker wajah. Caranya cukup mudah, iris tipis tomat yang masih segar. Lalu gosokkan ke wajah dan biarkan selama beberapa menit. Bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin, maka jerawat akan berkurang dan juga mengontrol kadar minyak berlebih di kulit wajah anda. Lakukan secara rutin minimal 1 minggu sekali.

Baca Juga: Manfaat Masker Tomat Untuk Kecantikan

Menggunakan Wortel

Anda  pasti kenal betul dengan sayuran berwarna oranye ini. Wortel terkenal sebagai sayuran sumber vitamin A. Bukan cuma untuk mata, wortel bisa anda fungsikan sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat loh. Anda tinggal langsung memakannya, diolah menjadi masakan, atau diminum dalam wujud jus wortel. Wortel juga bisa digunakan untuk masker. Simak Juga: Manfaat Wortel Mampu Menstimulasi Produksi Kolagen.

Menggunakan Seledri

Sayuran warna hijau ini mengandung banyak mineral dan serat yang bisa mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat. Anda dapat langsung memakan daun seledri yang segar atau bisa menjadikannya jus. Jus seledri tidak hanya bisa menghilangkan jerawat batu saja tapi bisa digunakan untuk kesehatan. Selain itu, anda dapat merendam potongan daun seledri kemudian gunakan untuk membasuh muka. Biarkan air seledri tadi di wajah anda agar meresap. Kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

Menggunakan Kubis

Sayur kubis dapat membantu anda mengobati jerawat. Anda dapat mengolah kubis menjadi jus atau memakan sayur kubis segar yang digunakan sebagai lalapan atau salad sayuran. Kubis berfungsi untuk membantu proses detoks atau pengeluaran zat-zat beracun dalam tubuh yang menyebabkan munculnya jerawat.

Demikian ulasan tentang cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan sayuran. Sebaiknya hindari menggunakan bahan kimia yang berbentuk salep atau sejenisnya karena penggunaan obat-obatan sangat riskan terhadap kulit.semoga ulasan diatas bermanfaat.