Cara Membuat Wedang Uwuh Khas Jogja, Minuman Istimewa Penuh Cita Rasa

Cara Bikin Wedang Uwuh

Cara Membuat Wedang Uwuh Khas Jogja, Minuman Istimewa Penuh Cita Rasa. Negri ini kaya akan SDA yang melimpah ruah untuk dijadikan karya apapun. Salah satunya adalah wedang uwuh yang kaya akan rempah – rempah dalam penyajiannya. Seperti apa membuat wedang uwuh yang banyak orang gandrungi saat nongkrong di warung maupun sruput sendiri dirumah. Masih terus penasaran bagaimana cara membuat dan bahan apa saja yang disajikan dalam ramuan segar wedang uwuh.

Perlu anda ketahui bahwa wedang uwuh adalah minuman khas asal DIY yang terkenal dengan gudegnya. BAnyak orang bicara tentang wedang uwuh atau sampah yang banyak ramuan rempahnya. Namun minuman ini merupakan minuman yang menggunakan berbagai macam rempah yang banyak manfaat yang diseduh dengan air panas. BAnyak yang suka dan jangan lupa untuk meminumnya dalam keadaan hangat ya, agar rempahnya landing dilambung kamu dengan memberikan efek positif yaitu manfaat rempah untuk tubuh.

Wedang Uwuh

Menu yang cocok juga untuk minum anda dalam kondisi puasa atau waktu dingin tiba. Banyak sekali rempah-rempah yang digunakan dalam wedang uwoh ini dan rempah-rempah yang digunakan tentu saja mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, rempah-rempah tersebut antara lain kayu secang, jahe, cengkeh, pala, kayu manis dan masih banyak lagi. Namuan manfaat bagi tubuh sungguh sangat luar biasa banyaknya. Banyak turis yang menyukai minuman ini. Cara membuatnya juga sangat mudah tinggal menyeduhnya dengan air hangat. Berikut bahan dan cara membuat wedang uwuh khas Jogja yang patut anda ketahuinya.

Bahan Utama

  • 60 gr gula pasir putih
  • 8 cm jahe, bakar dan memarkan
  • 30 gr secang kering siap masak
  • 10 butir cengkeh, untuk penghangat
  • 4 daun cengkeh
  • 3 daun pala
  • 2 kayu manis
  • 600 ml air bersih

Cara Membuat Wedang Uwuh

Dan berikut ini cara membuat wedang uwuh dengan segala rempahnya yang nikmat untuk tubuh yaitu:

Cara Membuat Wedang Ronde, Minuman Sehat Penghangat Badan Serta Baik untuk Kesehatan

Langkah Bikin Wedang Uwuh

  • Pertama, siapkan panci untuk merebus air sampai panas dan matang
  • Kedua, bila air sudah panas masukan jahe yang sudah dibakar terlebih dulu dan dimemarkan, kemudian gula pasir, aduk hingga gula melebur dengan air
  • Ketiga, tambahkan kayu manis, secang dan bahan-bahan lainnya yang masih tersisa kedalam rebusan, dan tunggu sampai air mendidih
  • Keempat, aduk terus rebusan bahan-bahan sampai air berubah menjadi kemerah-merahan
  • Kelima, bila sudah selesai angkat dan sajikan wedang uwuh khas Yogya dalam gelas saji atau wadah lain dan jangan tunggu lama untuk disruput dengan teman camilan kesukaan anda

Baca:

Demikian tadi bahan yang digunakan untuk membuat wedang uwuh serta cara menyeduhnya. Memang sangat mudah cara membuatnya dan rasa yang dihasilkan sangat enak dengan aroma yang khas. Minuman raja ini menjadi terkenal karena memang enak dan mampu memberikan kehangatan tubuh.

Semoga resep tentang wedang uwuh diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Jangan lupa temani wedah uwuh dengan camilan kesukaan anda dan ngobrol yang bermanfaat ya, agar hidup ini semakin bermakna. Minumlah wedang uwuh secara teratur agar anda dapat menikmati khasiat rempahnya.Baca Juga: Cara Membuat Wedang Sere, Minuman Nikmat Penghangat Badan.