Sunday , May 26 2024
Manfaat Buah Nagka Untuk Kesehatan

6 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui. buah yang memiliki kulit berduri serta getah yang sangat lengket ini ternyata menyimpan manfaat yang jarang dketahui. Rasa buah yang sangat khas ini terkadang dihindari oleh ibu hamil. Khasiat buah nangka bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsinya baik dalam olahan maupun nangka fresh.

Buah Nagka

Buah nangka, atau jackfruit dalam bahasa Inggris, merupakan salah satu buah tropis yang populer di berbagai belahan dunia. Nangka memiliki ciri khas berupa ukuran besar, daging buah yang tebal, dan aroma harum yang khas. Pohon nangka (Artocarpus heterophyllus) termasuk dalam keluarga Moraceae dan dapat tumbuh subur di iklim tropis.

Ciri Buah Nangka

Buah nangka memiliki ciri khusus untuk membedakan antara buah nangka dan cempedak. cempedak meskipun memiliki bentuk, aroma seperti buah nangka namun teksturnya berbeda. berikut ciri buah nangka untuk membedakannya.

  1. Buah nangka memiliki bentuk yang besar dan bisa mencapai ukuran yang sangat besar, dengan berat dapat mencapai puluhan kilogram. Kulit buahnya memiliki duri-duri kecil yang halus dan berwarna hijau. Saat matang, warna kulitnya berubah menjadi kuning dan aroma yang kuat mulai tercium.
  2. Daging buah nangka dapat berwarna kuning atau oranye terang, tergantung pada varietasnya. Dagingnya terdiri dari lobus-lobus yang mudah dipisahkan. Konsistensinya bisa renyah atau lembut tergantung pada tingkat kematangannya. Meskipun teksturnya mirip daging, buah nangka sebenarnya adalah buah yang manis dan bercita rasa unik.
  3. Buah nangka dikenal dengan rasa manisnya yang lezat dan aroma yang khas. Beberapa orang menggambarkan rasanya seperti perpaduan antara pisang, nanas, dan mangga. Aroma yang kuat dari buah nangka seringkali membuatnya mudah dikenali.
  4. Nangka dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Daging buahnya bisa dimakan mentah, dimasak, atau diolah menjadi berbagai hidangan seperti gulai, sambal nangka, atau manisan. Selain itu, biji nangka yang direbus juga dapat dimakan dan memiliki tekstur yang mirip kentang.

Kandungan Nutrisi Buah Nagka

Buah nangka mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk serat, vitamin C, kalium, dan antioksidan. Kandungan seratnya dapat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Buah Nangka

Buah nangka tidak hanya menyajikan cita rasa yang lezat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Keunikan rasanya membuatnya menjadi salah satu buah tropis yang sangat dicari dan dinikmati oleh berbagai kalangan. Berikut beberapa manfaat buah nangka yang bisa anda dpatakan dengan mengkonsumsinya.

1. Sumber Antioksidan

Buah nangka mengandung antioksidan, termasuk karotenoid dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit.

2. Kaya Akan Nutrisi

Buah nangka kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, niacin, thiamin, riboflavin, asam folat, dan mineral seperti potassium, magnesium, dan mangan. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah nangka dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen, yang menjaga elastisitas kulit.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam buah nangka dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan kesehatan jantung. Kalium juga membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung koroner.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah nangka dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun nangka mengandung gula, serat dan air dalam buah ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi nafsu makan, dan mendukung program penurunan berat badan.

Meskipun buah nagka memiliki manfaat yang sangat banyak, dalam mengkonsumsi sebaiknya juga ada batasan. Untuk ibu hamil sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan apabila ingin mengkonsumsi buah nangka. Terkadang kandungan tidak kuat jika ibu hamil mengkonsumsi buah nangka.