Manfaat Ikan Lele Cegah Anemia dan Penyakit Jantung


Khasiat Ikan Lele

Manfaat Ikan Lele Cegah Anemia dan Penyakit Jantung. Pastinya anda sudah pernah melihat ikan lele. Ikan dengan patil ini memiliki rasa yang begitu gurih. Ikan lele juga direkomendasikan untuk MPASI balita anda. Meskipun ikan ini tergolong ekonomis dan mudah didapat, namun manfaatnya sangat banyak. Apa saja manfaat ikan lele untuk kesehtan yang patut anda ketahui dengan jelas.

Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki “kumis” yang panjang yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ikan ini mudah dibudidaya dan sangat mudah mendapatkannya baik dipenjual sayur atau ikan segar.

Ikan Lele

Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan limbek (Sumatera Barat), ikan kalang (Sumatra Selatan), ikan maut (Gayo), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan ‘keli’ untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut ‘penang’ untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur).

Di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), gura magura (Srilangka), dan 鲇形目 (Tiongkok). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Nama ilmiahnya, Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti ‘lincah’, ‘kuat’, merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar air.

Banyak jenis lele yang merupakan ikan konsumsi yang disukai orang. Sebagian jenis lele telah dibiakkan orang, tetapi kebanyakan spesiesnya ditangkap dari populasi liar di alam. Lele dumbo yang populer sebagai ikan ternak, sebetulnya adalah jenis asing yang didatangkan (diintroduksi) dari Afrika.

Kandungan Gizi Ikan Lele

Dalam setiap 100 gram ikan lele, terkandung beberapa gizi penting seperti:

  • Energi 145 kkal
  • Protein 15,45 gr
  • Lemak 9,09 gr
  • Natrium 65 mg
  • Kolesterol 82 mg
  • Asam lemak jenuh 2730 gr
  • Karbohidrat 8,54 gr
  • Kalium 326 mg
  • Sodium 398 mg

Manfaat Ikan Lele

Lele dikembangbiakkan di Indonesia untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus diberok terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Diberok itu ialah maksudnya dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Kadang kala lele juga ditaruh di sawah karena memakan hama-hama yang berada di sawah. Lele sering pula ditaruh di kolam-kolam atau tempat-tempat air tergenang lainnya untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk. Maka simak dibawah ini manfaat ikan lele yang patut anda ketahui, yaitu:

Manfaat dan Kandungan Buah-Buahan Bagi Tubuh Setiap Hari

1. Tinggi Protein

Dalam protein lele, ada asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin. Ikan lele memiliki protein lebih tinggi daripada protein dalam susu dan daging lainnya. Protein adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh.

Tubuh Anda menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Anda juga menggunakan protein untuk membuat enzim, hormon, dan bahan kimia tubuh lainnya. Protein adalah bahan penyusun tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah yang penting.

2. Cocok untuk Diet

Manfaat ikan lele juga bisa digunakan dalam diet sehat. Karena kaya protein, lele cocok dimasukkan sebagai makanan diet. Protein adalah makanan yang paling mengenyangkan. Pola makan tinggi protein mengurangi rasa lapar, membantumu makan lebih sedikit kalori. Ini disebabkan oleh peningkatan fungsi hormon pengatur berat badan.

3. Membangun Otot Dan Tulang

Protein juga berperan dalam pembentukan otot. Oleh karena itu, makan protein dalam jumlah yang cukup membantu mempertahankan massa otot dan meningkatkan pertumbuhan otot saat jika diimbangi dengan olahraga rutin. Menjaga asupan protein tetap tinggi juga dapat membantu mencegah kehilangan otot selama penurunan berat badan.

3. Kuatkan Tulang

Ikan lele kaya akan vitamin dan mineral yang menguatkan tulang. Ikan adalah sumber vitamin D yang penting untuk menyerap kalsium pembentuk tulang. Lele juga mengandung fosfor yang lebih tinggi dari telur. Fosfor berperan mendukung kesehatan tulang, gusi dan gigi. Protein dalam lele juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tulang.

Orang yang makan lebih banyak protein cenderung mempertahankan massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia dan memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang jauh lebih rendah. Vitamin B12 pada ikan lele juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Kadar vitamin B12 yang rendah adar vitamin rendah dalam darah ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoporosis.

4. Cegah Anemia dan Penyakit Jantung

Saat mengalami anemia, tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke organ vital. Ikan lele juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B12 berperan penting dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Kadar vitamin B12 yang rendah menyebabkan pengurangan pembentukan sel darah merah. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dapat mencegah anemia dan meringankan gejalanya.

5. Cegah Penyakit Jantung

Asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Omega-3 dapat menyebabkan pengurangan besar dalam trigliserida dan tekanan darah. mega-3 dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik”.

Mengonsumsi makanan kaya akan omega-3 dapat mencegah trombosit darah menggumpal yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian mencatat bahwa asupan protein tinggi juga dapat menurunkan tekanan darah.

6. Sehatkan Otak Dan Kulit

Vitamin B12 dapat berperan dalam mencegah atrofi otak atau hilangnya neuron di otak dan sering dikaitkan dengan kehilangan memori atau demensia. Kombinasi vitamin B12 dengan asam lemak omega-3 dapat memperlambat penurunan daya ingat. asupan omega-3 yang lebih tinggi dengan penurunan penurunan mental terkait usia dan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

7. Sehatkan Kulit

kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan berbagai gejala dermatologis, termasuk hiperpigmentasi, perubahan warna kuku, perubahan rambut, vitiligo, dan sudut mulut meradang dan pecah. Konsumsi lele dapat mencegah kekurangan vitamin B12 ini.

Asam lemak omega-3 dalam lele juga mengbasulkan DHA yang merupakan komponen struktural kulit. DHA bertanggung jawab untuk kesehatan selaput sel, yang membentuk sebagian besar kulit. Membran sel yang sehat menghasilkan kulit yang lembut, lembab, kenyal, dan bebas kerut.

8. Baik untuk Kehamilan dan Cegah Peradangan

Ikan lele juga tinggi akan asam lemak omega-3. Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Omega-3 ini terdiri dari DHA yang menyumbang 40% dari asam lemak tak jenuh ganda di otak dan 60% di retina mata.

Mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dikaitkan dengan banyak manfaat untuk anak termasuk kecerdasan, keterampilan komunikasi dan sosial yang lebih baik, risiko penurunan keterlambatan perkembangan, hingga mengurangi risiko ADHD, autisme dan cerebral palsy.

Kadar vitamin B12 dalam lele juga sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Studi menunjukkan bahwa otak dan sistem saraf janin membutuhkan kadar B12 yang cukup dari ibu untuk berkembang dengan baik. Vitamin D pada lele juga bisa mencegah risiko preeklampsia dan melahirkan prematur.

9. Cegah Peradangan

Ssam lemak omega-3 pada lele dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti peradangan eikosanoid dan sitokin. Omega-3 dapat mengurangi peradangan kronis, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, dan berbagai penyakit lainnya. Protein dalam lele juga dapat membantu tubuh memperbaiki sel-selnya saat sakit atau terluka. Protein membentuk blok bangunan utama dari jaringan dan organ.

Baca:

Ternyata  banyak sekali manfaat ikan lele dengan mengkonsumsi. Ikan lele sangat direkomdasikan untuk anak dan balita dimasa pertumbuhan selain ikan salmon dan ikan tuna. Semoga artikel diatas menambah pengetahuan anda tentang pentingkan konsumsi ikan air tawar dan ikan air laut.