Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh


Khasiat Ikan Teri Bagi Tubuh

Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh. Siapa yang tak kenal dengan nama ikan yang satu ini. Ikan teri banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sambel teri atau digoreng langsung. Rasanya yang sedikit asin namun gurih ini banyak diminati masyarakat. Yang paling terkenal dari jenis ikan teri yaitu ikan teri medan dan ikan teri nasi, keduanya memiliki pamor yang lebih bila dibandingkan ikan teri jenis lainnya. Maka, simak dibawah ini penjeasan tentang khasiat ikan teri untuk kesehatan tubuh yang patut anda ketahui.

Ikan teri yang memiliki bentuk kecil dan cenderung imut ini ternyata menyimpan sejuta manfaat untuk tubuh kita. Tak heran bila animo masyarakan terhadap ikan teri meningkat setelah ibu Susi Pudjiastuti mencanangkan program makan ikan.

Ikan Teri

Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota suku Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan.

Walaupun anggota Engraulidae ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya. Mangsa utama ikan teri ialah plankton.

Di kawasan sekitar Selat Malaka dan Laut Tiongkok Selatan, ikan teri biasa digoreng dan dihidangkan dengan sambal serta nasi hangat atau nasi lemak. Ikan ini juga dihaluskan berbentuk tepung. Di Vietnam, saus ikan nước mắm — simbol tidak resmi negara itu — dibuat dengan bahan utama ikan teri.

Manfaat Ikan Teri

Banyak sekali manfaat ikan teri, meskipun harganya tergolong murah dan mudah dalam menemukannya namun manfaatnya sungguh luar biasa banyaknya. Berikut kegunaan ikan teri untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Air Rebusan Daun Salam Mampu Mengobati Asam Urat Hingga Maag

Menyehatkan Jantung

Kandungan lemak tak jenuh atau omega-3 ganda pada ikan teri akan mengurangi kolesterol jahat. Hal ini disebabkan karena tingginya deposit kolesterol jahat di arteri meningkatkan risiko terkait jantung yang terhenti. Omega-3 yang ada akan mencegah kolesterol jahat akan menumpuk pada pembuluh darah.

Magnesium serta kalsium memiliki peran penting. Kalsium bertugas merangsang otot di jantung dan pembuluh darah sehingga berkontraksi, sedangkan magnesium bertugas untuk membuat rileks. Ikan teri juga mengandung vitamin B-12 dan B-6 yang bertugas membersihkan darah dari kolesterol.

Menyehatkan Tulang

Seperti yang Anda ketahui bahwa kalsium sangat baik untuk tulang. Kalsium yang terkandung pada ikan teri akan menjaga tulang dan membuatnya menjadi lebih kuat. Bahkan kalsium pada teri ini juga akan menjauhkan Anda dari risiko masalah tulang seperti osteoporosis. Terbukti bahwa ikan teri yang sangat mudah didapatkan ini mengandung banyak vitamin dan mineral baik untuk kesehatan Anda.

Menyehatkan Mata

Ikan teri juga mengandung vitamin A. Dengan begitu, jika Anda mengonsumsinya kesehatan mata akan terjaga. Menurut laporan dari International Journal of Opthalmology and Eye Science, saus ikan teri mempunyai perlindungan mata terhadap perkembangan glaukoma yang dapat mencegah terjadinya katarak juga degenerasi pada mata.

Mencegah Anemia

Tidak hanya mengandung kalsium dan magnesium, ikan teri juga mengandung zat besi yang banyak. Zat besi tinggi pada ikan teri akan membantu mencegah anemia serta memperlancar kinerja darah merah untuk menyalurkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh Anda. Selain itu, masih ada manfaat lain yang akan Anda temui dengan mengonsumsi ikan teri.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet, ikan teri sangat bisa Anda konsumsi karena ikan teri juga bisa membantu dalam penurunan berat badan. Mengapa? Karena ikan teri merupakan jenis ikan hidup di air asin, sehingga teri memiliki protein banyak dan kalori yang rendah.

Kadar protein yang banyak dan meningkat akan membuat Anda mendapatkan rasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya. Bisa disimpulkan ikan teri menjadi solusi menjadi teman diet Anda dengan tetap memberikan nutrisi cukup serta manfaat tanpa harus menambah kalori.

Rendah akan Kadar Merkuri

Ketika Anda mengonsumsi ikan laut, masalah terbesar adalah tingginya kadar merkuri. Namun, tak usah khawatir karena pada ikan teri kadar merkurinya sangat rendah. Sebab, ikan dengan ukuran lebih kecil dan lebih pendek membuatnya memiliki risiko kecil terkena kandungan racun, jika dibandingkan dengan ikan berukuran besar.

Merkuri (logam berat) yang terbentuk alami ini dapat menumpuk tubuh ikan dan beracun. Tingginya kandungan merkuri apabila dikonsumsi manusia akan mengakibatkan kerusakan fungsi otak dan mengganggu kesehatan jantung. Merkuri ini jika dihubungkan dengan penderita darah tinggi akan meningkatkan penderita mengalami serangan jantung dan kolesterol yang lebih jahat.

Merawat Kulit

Ikan teri kaya manfaat ternyata juga dapat menjaga serta merawat kulit Anda. Jika Anda menjadikan ikan teri sebagai teman diet, maka ini dapat membantu mempertahankan warna kulit Anda punya. Ikan teri dipercaya ampuh dalam menjaga kulit wajah dari jerawat timbul, dan keriput yang disebabkan oleh penuaan dini.

Baca:

Manfaatnya yang begitu banyak membuat ikan teri banyak diincar para ibu rumah tangga. Tak hanya manfaatnya saja ikan teri juga mudah dijumpai dan harganya sangat ekonomis. Semoga ulasan diatas menambah pengetahuan anda tentang pentingnya makan ikan.