Manfaat Ikan Tongkol Mampu Memelihara Fungsi Dan Kesehatan Organ Tubuh


Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Tongkol Mampu Memelihara Fungsi Dan Kesehatan Organ Tubuh. Ikan tongkol memiliki warna hitam, dagingnya yang sangat banyak membuat ikan tongkol sering dijadikan ikan asap. Ikan tongkol tergolong ikan yang mudah dijumpai. Kandungan nutrisi pada ikan tongkol sangat bagus, bahkan semua jenis ikan memiliki kandungan nutrisi dan kandungan protein yang sangat bagus. Terutama untuk anak dan balita dalam masa pertumbuhan. Khasiat ikan tongkol bagi kesehatan dapat anda lihat dibawah ini.

Ikan Tongkol

Tongkol (Euthynnus affinis) adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Terutama menjelajah di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat, tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kawakawa, little tuna, mackerel tuna, atau false albacore.

Ikan yang berukuran sedang; panjang maksimum sekitar 100 cm FL (fork length), namun umumnya hanya sekitar 60 cm. Punggung berwarna biru gelap metalik, dengan pola coret-coret miring yang rumit mulai dari pertengahan sirip punggung pertama ke belakang; sisi badan dan perut putih keperakan, dengan bercak-bercak khas berwarna gelap di antara sirip dada dan sirip perut, yang tidak selalu ada. Tanpa sisik, kecuali di wilayah corselet dan gurat sisi.

Gigi-gigi kecil dan mengerucut, dalam satu baris. Sisir saring berjumlah 29-34 pada lengkung insang yang pertama. Sirip punggung pertama dengan XI hingga XIV jari-jari keras (duri), terpisahkan dari sirip punggung kedua hanya oleh suatu celah sempit, yang lebih sempit daripada lebar mata. Duri-duri di awal sirip punggung pertama jauh lebih panjang daripada duri-duri di belakangnya, membuat tepi atas sirip depan ini melengkung dalam. Sirip dada pendek, ujungnya tidak mencapai celah di antara kedua sirip punggung. Terdapat dua tonjolan (flaps) di antara kedua sirip perut. Sirip-sirip kecil (finlet) 8-10 buah di belakang sirip punggung kedua, dan 6-8 buah di belakang sirip dubur.

Kandungan Nutrisi Ikan Tongkol

Dalam seporsi ikan tongkol (setara 150 gram), terkandung 250–300 kalori dan aneka nutrisi, seperti:

  • 25–30 gram protein
  • 12,5–17 gram lemak
  • 50–60 mikrogram (mcg) selenium
  • 400 miligram (mg) kalium
  • 1,5–2 mg zat besi
  • 15–20 mg kalsium
  • 0,9–1,1 mg zinc

Ikan ini umumnya ditangkap bercampur dengan jenis lain. Alat tangkap yang digunakan terutama adalah jaring insang, dan juga pancing tonda. Kadang-kadang ikan ini didapat pula lewat pengoperasian pukat pantai atau pancing rawai.

Tongkol diperniagakan dalam bentuk ikan segar, ikan beku, dan dikalengkan. Juga dalam rupa-rupa ikan olahan: dikeringkan, diasinkan, diasap, atau dipindang. Dagingnya berkualitas baik bila segar, namun dengan cepat akan memburuk bila tidak ditangani dengan baik.

Manfaat Ikan Tongkol

Manfaat lain dari ikan tongkol untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut ini.

Baca:

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Berkat kandungan omega-3 yang cukup tinggi, ikan tongkol diketahui dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah tetap lancar dan tekanan darah pun menjadi lebih stabil.

Memelihara Fungsi Dan Kesehatan Organ Tubuh

Ikan tongkol banyak mengandung protein. Di dalam tubuh, protein dibutuhkan untuk membentuk sel-sel dan jaringan tubuh baru serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Kandungan protein dalam ikan tongkol juga bermanfaat untuk memelihara fungsi dan kesehatan organ tubuh, seperti mata, otak, dan hati.

Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Selain banyak mengandung omega-3, daging ikan tongkol juga diketahui banyak mengandung vitamin A dan vitamin B12. Bersama dengan protein, kedua vitamin tersebut dapat memperkuat sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit dan infeksi.

Menjaga Kekuatan Tulang

Tak hanya kaya akan kandungan protein, ikan tongkol juga mengandung banyak vitamin D dan kalsium. Kedua nutrisi ini baik untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang.

Menjaga Berat Badan

Selain menjaga kesehatan organ tubuh, kandungan protein dalam ikan tongkol juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menunda munculnya rasa lapar. Oleh karena itu, ikan tongkol bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bila Anda ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Memelihara Kesehatan dan Fungsi Jantung

Konsumsi ikan tongkol secara rutin diketahui dapat memberi efek baik bagi jantung. Kandungan protein dan omega-3 yang tinggi pada ikan tongkol berperan penting dalam mencegah peningkatan kolesterol dan mengatur tekanan darah tetap stabil. Dengan demikian, fungsi dan kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

Manfaat Air Rebusan Daun Salam Mampu Mengobati Asam Urat Hingga Maag

Konsumsi ikan setiap hari memang sangat bagus, selain kaya akan protein juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Manfaat ikan yang ditawarkan juga sangat banyak terutama manfaat ikan tongkol. Semoga artikel diatas bermanfaat