Manfaat Ikan Tuna Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Manfaat Ikan Tuna Bagi Tubuh

Manfaat Ikan Tuna Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Khasiat ikan tuna akan kami berikan secara singkat dibawah ini beserta artikel menarik lainnya. Apa saja yang dapat dimanfaatkan ikan tuna yang selama ini dikonsumsi anda setiap waktu. Kandungan nutrisi ikan tuna yang apik untuk kesehatan tubuh dapat anda simak dengan beberapa manfaatnya.

Jenis ikan yang satu ini banyak dijadikan sebagai kudapan. Empek-empek, krupuk, siomay banyak menggunakan ikan tuna. Rasanya yang sangat enak sangat disukai oleh pecinta kuliner. Ikan tuna juga sangat bagus dikonsumsi oleh bayi dan anak dalam masa pertumbuhan.

Ikan Tuna

Tuna adalah ikan laut pelagik yang termasuk bangsa Thunnini, terdiri dari beberapa spesies dari famili skombride, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru Atlantik (Thunnus thynnus), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Kebanyakan bertubuh besar, tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

Kandungan Nutrisi Ikan Tuna

Dalam satu porsi ikan tuna seberat sekitar 85 gram, terkandung nutrisi berupa:

  • Kalori: 100
  • Lemak: 5 gram
  • Natrium: 290 miligram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Protein: 22 gram
  • Vitamin D: 6% dari total kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 6% dari total kebutuhan harian
  • Vitamin B12: 15% dari total kebutuhan harian
  • Zat besi: 4% dari total kebutuhan harian

Manfaat Ikan Tuna

Selain lezat, ikan yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat ikan tuna yang bisa Anda dapatkan.

7 Manfaat Daun Kemangi, Mampu Mengatasi Bau Mulut

Menyehatkan Jantung

Dari total lemak yang ada pada ikan tuna, sebagian besarnya merupakan asam lemak omega-3. Komponen tersebut dapat menurunkan kadar trigliserida di dalam darah, mengurangi risiko terjadinya aritmia jantung, dan memperlambat penumpukan plak kolesterol yang bisa menghambat aliran darah.

Menjaga Kesehatan Reproduksi

Mengonsumsi sekitar 50 gram tuna saja sudah dapat memenuhi 60% kebutuhan selenium di tubuh. Selenium adalah sejenis antioksidan yang dapat membantu tubuh terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas dan penting untuk kesehatan reproduksi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tidak hanya baik untuk jantung, kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam tuna juga membuatnya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang ada pada tuna juga berperan sebagai vasodilasator atau melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa berkurang.

Menyehatkan Mata

Lagi-lagi, manfaat ikan tuna yang satu ini didapatkan dari asam lemak omega-3 yang dikandungnya. Komponen yang satu ini, mampu mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula. Selain itu, mengonsumsi ikan tuna juga bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ikan tuna mengandung vitamin C dan berbagai mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, selenium dari ikan ini juga memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit.

Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Protein memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Komponen ini, bisa dibilang sebagai pondasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sekaligus memberikan kemampuan penyembuhan luka dan penyakit secara lebih cepat bagi tubuh. Ikan tuna merupakan asupan yang bisa menjadi sumber protein yang baik bagi Si Kecil.

Cocok sebagai Makanan Diet

Ikan tuna adalah makanan yang rendah kalori dan rendah lemak. Dua formula paten yang diperlukan oleh makanan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, asam lemak omega-3 yang ada pada ikan tuna juga dapat menstimulasi hormon leptin yang berfungsi mengontrol keinginan kita untuk makan.

Menambah Energi

Vitamin B kompleks yang ada pada tuna bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk meningkatkan energi di tubuh. Selain itu, komponen ini juga dinilai mampu melindungi kulit dari kerusakan dan tingkatkan efisiensi fungsi organ.

Mencegah Kanker

Manfaat ikan tuna yang satu ini berasal dari antioksidan yang dimilikinya. Komponen ini memang bisa mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal.

Menjaga Fungsi Ginjal

Mengonsumsi tuna bisa membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Hal ini penting. Sebab, ginjal kita dapat berfungsi dengan baik dan risiko timbulnya kerusakan ginjal pun akan berkurang, jika cairan tubuh seimbang.

Meski begitu, apabila memiliki riwayat mengalami penyakit ginjal kronis, pastikan Anda sudah mendapat lampu hijau dari dokter sebelum mengonsumsi tuna. Sebab, tuna mengandung kalium dan fosfor. Keduanya bisa menumpuk di tubuh dan berbahaya bagi tubuh.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Ikan mengandung zat besi dan jika digabungkan dengan vitamin B kompleks yang juga dimilikinya, akan berperan sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, pasokan sel darah merah di tubuh akan selalu terjaga dan sirkulasinya pun lancar.

Baca:

Banyak sekali manfaat dari ikan tuna, tak heran bila ikan yang satu ini memiliki nilai jual lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Semoga ulasan diatas menambah pengetahuan anda tentang manfaat ikan tuna serta getahui pentingkan mengkonsumsi ikan.