4 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Tanpa Merusak Kulit


Cara MengecilkanPori pori Wajah Tanpa Merusak Kulit

4 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Tanpa Merusak Kulit. Pori-pori yang tampak besar, terutama pada wajah, cenderung membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Sebenarnya ada banyak masalah kesehatan kulit selain pori-pori besar diantaranya kulit kering, jerawat, kantung mata, komedo dan masih banyak lagi. Pori-pori yang membesar sebenarnya bisa dihilangkan dengan banyak cara selain perawatan dokter cara alami juga bisa dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama timbulnya pori-pori besar:

Produksi sebum yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti makanan tidak sehat, stres, paparan sinar matahari tanpa tabir surya, perawatan kulit yang salah, dan lain-lain.

Penurunan elastisitas. Seiring berjalannya usia, produksi kolagen terus melambat sehingga kulit menjadi kurang elastis dan pori-pori terlihat lebih besar. Selain itu, paparan sinar matahari juga mengarah pada kerusakan produksi kolagen.

Gen. Para ilmuwan menjelaskan bahwa gen memberikan pengaruh terhadap kondisi kulit seseorang. Misalnya saja, tidak terdapat perubahan pori-pori yang signifikan seiring bertambahnya usia pada wanita asia. Berbanding terbalik dengan kulit wanita India.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Tanpa Merusak Kulit

Dengan beberapa cara dilakukan  ingin menyamarkan pori-pori saat mau ada acara bahkan ingin menghilangkannya.  Pri-pori yang besar dapat dikecilkan kembali, Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori yang dapat dicoba agar kulit wajah tampak lebih cantik alami.

1. Pembersih alami

Jika memungkinkan, gunakan pembersih makeup alami sebagai salah satu cara mengelupas kulit dengan aman. Hati-hati dengan bahan kimia dalam berbagai produk pembersih wajah justru dapat membuat kulit makin kering dan mengelupas. Bahkan busa dan aroma pada pembersih justru dapat menyebabkan peradangan kulit. Selanjutnya cuci wajah dengan air hangat, bukan air panas. Terakhir, keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk lembut. Menggosokkan handuk justru dapat merusak kulit, terutama pada kulit sensitif. Selesaikan dengan menggunakan pelembap untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah, sekaligus memperkecil pori-pori.

2. Pengelupas kulit

Exfoliant adalah produk pengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan minyak yang menutup pori. Salah satu pengelupas alami adalah scrub alami yang terbuat dari paduan teh hijau, madu, dan gula halus. Produk pengelupas lain dalam bentuk krim, gel, hingga pembersih kulit yang dilengkapi dengan butiran kecil untuk mengelupas kulit juga dapat dibeli secara bebas. Ikuti aturan pakai yang tertera pada produk yang Anda pakai. Jangan salah menggunakan produk pasaran. Jangan lupa mengakhiri perawatan dengan menggunakan pelembap.

3. Masker tanah liat

Oleskan masker tanah liat setelah wajah dibersihkan. Coba oleskan dulu pada area terbatas untuk melihat reaksi. Jika tidak terjadi reaksi negatif, lanjutkan dengan mengoleskan pada seluruh wajah. Fokuskan pada bagian pori-pori tampak besar. Biarkan selama setidaknya 15 menit atau selama waktu yang tertera di kemasan. Cuci wajah dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk handuk pada wajah.

Masker berperan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori dengan mengangkat kotoran dari pori serta mengurangi peradangan pada kulit sehingga membuat pori tampak mengecil. Selain masker tanah liat, Anda juga dapat menggunakan masker alami buatan sendiri yang terbuat dari yogurt.

4. Menyamarkan pori-pori dengan riasan

Setelah dibersihkan, olesi wajah dengan moisturizer untuk mencegah iritasi dan peradangan yang berisiko menyebabkan pori tampak besar. Oleskan pelembab dengan warna sesuai dengan kulit. Gunakan concealer untuk menyamarkan pori dengan lebih sempurna.  Pastikan untuk membersihkan riasan di akhir hari agar  makeup tidak berisiko menyumbat pori-pori.

Baca Juga:

Cara Lain Mengecilkan Pori-pori

Di samping memakai bahan-bahan yang Anda aplikasikan ke wajah sebagaimana telah dijabarkan di atas, berikut cara-cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendukung upaya pengecilan pori-pori wajah:

  • Cuci wajah dengan air dingin setelah membilasnya dengan air hangat.
  • Konsumsi cukup air minum agar kulit tidak kering.
  • Batasi penggunaan penghilang komedo karena justru dapat menyebabkan pori tampak membesar.
  • Hindari mengoleskan scrub terlalu sering.
  • Gunakan tabir surya tiap hari dengan SPF minimal 30.
  • Pajanan sinar matahari secara berlebihan berisiko membuat kulit menjadi lebih kasar dan membuat pori tampak lebih besar. Selain itu kenakan topi dan kacamata hitam saat beraktivitas di luar rumah.
  • Selektif memilih produk perawatan kulit. Sebisa mungkin pilih produk dengan label noncomedogenic yang berarti tidak akan menyumbat pori. Produk yang mengandung lavender atau rosemary dapat mengurangi membesarnya pori. Sementara produk yang mengandung magnesium dan zinc dapat membantu membersihkan pori dan menjaga keseimbangan minyak pada kulit.
  • Disiplin menjaga kebersihan kulit. Membersihkan kulit wajah secara teratur dapat membantu mencegah penyumbatan pori agar tidak tertutup timbunan minyak. Juga gunakan produk exfoliate setidaknya 2-3 minggu sekali.
  • Kurangi mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti kebiasaan menikmati camilan keripik, permen, kue yang tinggi kadar lemak dapat meningkatkan risiko penyumbatan pori. Sebagai gantinya, konsumsi lebih banyak sayur dan buah.
  • Cuci tangan sebelum membersihkan dan mengoleskan bahan apa pun pada wajah.
  • Jika Anda memiliki cukup budget, dokter kulit dapat memberikan pelayanan cara mengecilkan pori-pori dengan mikro dermabrasi untuk mengangkat lapisan kulit mati.

Ulasan diatas merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah. Akan lebih maksimal bila  fokus kepada langkah awal menerapkan gaya hidup sehat akan membantu mengecilkan pori-pori. Jangan berganti-ganti produk kecantikan, apalagi kalau menggunakan bahan alami kita harus lebih sabar karena dengan bahan alami hasilnya tidak secepat dengan produk pasaran.