Manfaat dan Cara Budidaya Jamur Tiram Sederhana di Rumah


Cara Budidaya Jamur Tiram

Manfaat dan Cara Budidaya Jamur Tiram Sederhana di Rumah. Langkah-langkah membuat baglog jamur tiram untuk pemula. Tips agar budidaya jamur tiram mendapatkan keuntungan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulanya. Budidaya jamur saat ini sudah banyak macamnya seperti jamur kuping, jamur merang dan jamur tiran putih maupun coklat. Bagi anda yang masih awam mengenai ilmu budidaya jamur sebaiknya mengikuti langkah mudah budiaya jamur simple di rumah berikut ini.

Jamur tiram dalam bahasa latin adalah Pleurotus ostreatus merupakan jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih.

Manfaat Jamur Tiram

Dikutip dari internet jika jamur tiram ini mempunyai beragam manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh agar mampu menjaga ketahanan diantaranya sebagai berikut.

1. Untuk perkembangan janin
2. Dapat mencegah pertumbuhan tumor dan kutil
3. Dapat menangkal efek buruk radikal bebas
4. Dapat menurunkan kolesterol
5. Dapat sebagai pemenuhan protein harian
6. Menurunkan tekanan darah
7. Dapat mencegah dan menyembuhkan kanker payudara
8. Sebagai anti mikroba
9. Dapat mempertebal kekebalan tubuh
10. Dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat

Baca Juga:

Itulah 10 manfaat mengkonsumsi jamur tiram jika rutin dilakukan. Jika anda benar-benar berminat untuk membudidayakan usaha yang satu ini silahkan cek cara budidaya jamur tiram dan cara buat baglog sederhana selanjutnya.

Cara Budidaya Jamur Tiram

Selanjutnya mari kita simakn bagaimana cara dan langkah-langkahnya membuat usaha jamur tiram ini supaya berjalan berksinambungan.

Siapkan Kumbung

Kumbung atau orang orang pada umumnya menyebutnya rumah jamur ialah media untuk perawatan baglog serta pertumbuhan jamur. Pada umumnya Kumbung adalah bangunan yang didalamnya terdapat rak-rak sebagai tempat baglog yang terbuat dari kayu atau bambu, dan dinding kumbung pada umumnya berasal dari papan atau gedek dan atapnya berasal dari sirap atau genteng.

Membuat dan Menyediakan Baglog

Baglog adalah media tanam utama menaruh bibit jamur tiram. Bahan pokok untuk membuat baglog yaitu serbuk gergaji yang bisa didapatkan dari tempat pemotongan kayu. Pada umumnya baglog dibalut dengan plastik yang bentuknya silinder. Apabila kurang tahu bisa membuka di internet atau pengrajin jamur. Kemudian salah satu di antara dua ujungnya tersebut dibuatkan lubang. Dengan begitu jamur tiram tersebut akan tumbuh keluar lewat lubang tersebut.

Pada umumnya jika mereka memutuskan untuk usaha lebih besar akan membuat baglog sendiri, namun jika belum bisa membuat sendiri bisa membeli dari pembuat log jamur di daerah terdekat anda.

Merawat Baglog

Untuk merawat jamur tiram dari berbagai hama diperlukan kesabaran yang ekstra. Karena jamur tiram ini dimusim panas harus ektra dengan siraman air dengan berkala. Namun jika daerah anda berada di daerah gunung, dingin memang sangat cocok budidaya jamur tiram atau kuping.

Harga Jamur Tiram per Kilo Hari Ini di Pasaran

Inillah daftar harga terbaru jamur tiram minggu ini, bulan ini di pasaran indonesia baik itu di swalayan Giant, Carrefour, Hypermart dan Superindo.

Jenis Jamur Tiram Harga
F0 Jamur Tiram (All Varian)Rp. 150.000,-
F1 Jamur Tiram (All Varian)Rp. 50.000,-
F2 Jamur Tiram PutihRp. 7.000,-
Rp. 5.500,-
Rp. 4.500,-
Rp. 4.000,-
F2 Jamur Tiram Abu-abu, Coklat, Merah / PinkRp. 6.500,-
Rp. 5.500,-
Rp. 5.000,-
Jamur Tiram PutihRp. 15.000,-
Rp. 8.000,-
Rp. 6.500,-
Jamur Tiram Abu-abu, Coklat, Merah / PinkRp. 8.500,-

Itulah informasi singkat manfaatcaranya.com mengenai cara budidaya jamur tiram dan cara membuat baglog jamur sederhana. Jika informasi diatas bermanfaat silahkan share di facebook, wa, bbm, line dan media sosial. Lihat info Cara Mengencangkan Kulit Wajah Dengan Masker Putih Telur dan Cara Mudah Membuat Masker Bengkoang.