Manfaat Tidur Siang yang Jarang Dipraktekkan, Istirahat Sejenak Membuat Pikiran Segar


Manfaat Tidur Siang yang Jarang Dipraktekkan, Istirahat Sejenak Membuat Pikiran Segar

Manfaat Tidur Siang yang Jarang Dipraktekkan, Istirahat Sejenak Membuat Pikiran Segar. Tidur adalah aktivitas menyenangkan bahkan menjadi sebuah kebutuhan yang harus ditunaikan. Tidur manusia umumnya dilakukan saat malam hari. Nah bila manusia tidur di siang hari maka apa manfaat yang didapat dari perilaku ini? Yang jelas ada manfaat tidur siang yang jarang dipraktekkan kebanyakan orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang sering melakukan karena memang berguna untuk tubuh dan kesehatan.

Tidur bukanlah aktivitas yang mencerminkan kemalasan atau rasa santai berlebih. Tidur adalah aktivitas istirahat yang akan membuat setiap kita merasa dicash kembali ibarat baterai yang mau habis. Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Faktor keamanan harus dibangun untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kriminalitas ketika kita sedang tidur. Untuk itu selalu periksa keamanan rumah sebelum tidur.

Manfaat tidur siang kali ini di sarikan dari berbagai sumber seperti liputan6, wikipedia, dan vemale. Perlu menjadi catatan bahwa tidur siang itu perlu dilakukan hanya saja durasinya tidak lama. Biasanya disarankan sekitar 30 menit saja. Waktunya pun juga ada yang mengatakan sebelum jam 12 siang adan yang sebelum jam 15 sore. Memang pilihan ada pada diri Anda. Karena tidur siang memang tidak mempengaruhi kondisi tidur malam seseorang hanya saja bagi sebagian orang yang mengalami imsonia tidur siang malah menjadi pantangan dikarenakan malam akan susah tidur.

Manfaat Tidur Siang yang Jarang Dipraktekkan

Baiklah marilah kita simak manfaat sejenak tidur siang berikut ini:

1. Tidur siang mampu meningkatkan kesabaran

Ini berdasar pada hasil penelitian dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, melakukan riset pada beberapa orang terkait hal tersebut. Dalam prosesnya, peneliti meminta para peserta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil penelitian menunjukkan para peserta yang telah tidur siang mampu bertahan selama 90 detik. Hal ini berbeda halnya dengan para peserta yang tidak tidur siang hanya mampu bertahan selama 45 detik.

2. Tidur siang akan menjadikan Anda lebih waspada

Setelah melakukan perjalanan jauh atau mengerjakan tugas yang berat, tidur siang menjadi salah satu cara ampuh guna meningkatkan kewaspadaan. Kedua hal tersebut dapat menurunkan konsentrasi Anda. Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan pilot yang tidur siang selama 40 menit menjadi lebih waspada.

3. Anehnya hanya berpikir untuk tidur siang membuat tekanan darah menurun

Memang lauar biasa dengan tidur siang ini. Sekadar memikirkan tidur siang saja pun sudah membawa manfaat bagi tubuh Anda. Sesuai dengan studi dari Inggris menemukan tekanan darah peserta turun sebelum mereka tertidur. Hanya berpikir untuk tidur siang sudah cukup membawa manfaat bagi tubuh.

4. Daya ingat akan pulih saat melakukan tidur siang

Kali ini adalah hasil penelitian di Jerman. Kejadiannya adalah, peserta diminta untuk menonton DVD dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya. Setengah dari peserta menonton DVD dan sisanya tertidur. Ketika ditanya tentang apa yang mereka ingat, kelompok orang yang tidur siang ternyata bisa mengingat lima kali lebih baik daripada kelompok yang menonton DVD.

5. Kreativitas terbangun

Ini sangat cocok untuk mengeksplorasi anak-anak muda yang memiliki potensi dan kreatifitas. Coba lakukan tidur siang beberapa waktu maka daya kreatifitas Anda senantiasa berkembang. Hal in sesuai dengan studi yang dilakukan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick.

Pada pemelitian ini ditemukan bahwa seseorang yang tidur siang, dengan gerakan mata yang cepat atau tidur nyenyak hingga bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak.

6. Tidur siang mampu mencegah penyakit jantung hingga tigapuluh persen

Data research pada 23.000 orang Yunani dewasa bahwa mereka yang tidur siang memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung lebih kecil, yakni 30 persen, menurut The Washington Post, mengutip dari Huffington Post.

Michael Twery dari National Heart Lung and Blood Institute mengatakan, pada The Washington Post, tidur siang dapat membantu mengatasi stres akibat menjalankan kehidupan sehari-hari.

7. Mampu memperbaiki mod

Hanya berbaring 10 menitan ternyata membawa manfaat mengejutkan. Studi pada 2007 menunjukkan hanya dengan berbaring, mood Anda akan meningkat daripada mereka yang tidak sempat tidur siang.

Demikian manfaat tidur siang yang jarang mendapat perhatian apalagi dipraktekkan. Coba lakukan dengan baik-baik karena ini menyangkut masalah kebiasaan yang Anda lakukan. Merubah kebiasaan memang agak sulit oleh karenanya tidak ada salahnya mencoba sejak sekarang dengan melihat kondisi pekerjaan, aktivitas, dan kegiatan lainnya.

Baca Juga:

Manfaat tidur siang sebenarnya sudah banyak orang yang merasakan. Bagi Anda yang ingin mencoba komunikasikan dengan pasangan Anda, lingkungan kerja, dan kesibukan. Semoga tidur siang sejenak membaut Anda lebih fresh dan bergairah dalam menapaki hidup.