8 Cara Menjaga Kesehatan Rambut untuk Wanita Berhijab Secara Alami


Cara Menjaga Kesehatan Rambut Wanita Berhijab

Bagaimana cara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan berhijab? Jilbab merupakan penutup kepala yang digunakan oleh wanita muslimah untuk menutup aurat. Namun, dengan syariat baik tersebut, mereka seringkali mendapatkan masalah pada kesehatan rambutnya, seperti kerontokan, rambut lepek, bercabang, bahkan berketombe. Lantas bagaimana agar kesehatan rambut tetap terjaga meskipun sering memakai hijab atau jibab?

Untuk itu diperlukan perawatan rambut agar tetap sehat. Bukan hanya bagi wanita berjilbab saja, namun bagi yang tidak berhijab pun juga menginginkan rambut yang sehat dan indah. Untuk merawat rambut tidak melulu harus keluar biaya mahal, ada juga untuk cara menjaga kesehatan rambut dengan alami dan mudah yang insyaa Allah dapat mengatasi permasalahan diatas.

Jika sobat salah satu dari wanita berhijab dengan keluhan tersebut, sebaiknya tidak perlu lagi merasa khawatir karena berikut ini akan kami sajikan solusi tepat bagi sobat untuk menjaga agar rambut tetap sehat meskipun tertutup hijab. Sebelumnya telah kami hadirkan cara menjaga kesehatan mata dan juga tips-tips menjaga ginjal agar tetap optimal.

Cara Menjaga Kesehatan Rambut Wanita Berhijab

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab yang wajib sobat ketahui.

1. Usahakan Rambut dalam Selalu Kering

Sebelum menggunakan kerudung, sebaiknya sobat memastikan rambut benar-benar dalam keadaan kering. Sebab, penggunaan jilbab dengan kondisi rambut yang masih basah akan memicu kelembapan dalam kulit kepala dengan dampak kerontokan pada rambut.

Oleh sebab itu, sobat harus mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum berhijab, baik dengan cara diangin-anginkan atau menggunakan pengering rambut. Tetapi usahakan tidak terlalu sering menggunakan alat pengering rambut karena akan membuat rambut bercabang dan tidak sehat.

2. Menyisir Rambut

Sebelum dan sesudah menggunakan jilbab sebaiknya sobat selalu membiasakan diri untuk menyisir rambut. Selalu gunakan sisir dengan gigi yang renggang untuk menghindari terjadinya kerontokan rambut yang parah.

Walaupun rambut sobat sering tertutup dengan jilbab, tetapi usahakan untuk tetap menjaganya dalam keadaan rapi dan terlihat sehat.

3. Gunakan Bahan Jilbab yang Menyerap Keringat dan Nyaman

Cara menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab berikutnya adalah dengan memperhatikan bahan jilbab yang digunakan.

Dengan bahan kain yang mudah menyerap keringat, maka kondisi kepala yang cenderung berkeringat akibat tertutup jilbab tersebut akan semakin mudah terhindar dari berbagai resiko masalah kesehatan rambut, seperti ketombe, rambut rontok, lepek, dan sebagainya.

Selain bahan kain yang menyerap keringat, pemilihan warna jilbab juga sangat mempengaruhi. Usahakan tidak menggunakan jilbab dengan warna gelap ketika banyak beraktivitas di bawah sinar matahari karena akan meningkatkan panas di bagian kulit kepala.

4. Rajin Keramas

Salah satu cara menjaga rambut wanita berhijab tetap sehat adalah dengan rutin keramas, setiap 2 hari sekali atau paling tidak sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Gunakanlah shampoo yang sesuai dengan jenis rambut sobat dan usahakan dilengkapi dengan masker serta vitamin rambut.

5. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Tindakan yang harus dihindari oleh para wanita berhijab adalah dengan tidak terlalu kencang saat mengikat rambut. Sebab hal ini menjadi pemicu utama terjadi rambut bercabang serta mudah patah.

Selain itu, Sobat juga harus menggunakan ikat rambut maupun jepit dengan bahan plastik atau karet karena sifatnya yang lebih ramah terhadap rambut, jika dibandingkan dengan jepit berbahan metal yang mudah menyebabkan rambut patah dan rambut rapuh.

6. Berikan Waktu Istirahat pada Rambut

Setelah menjalani aktivitas yang padat dengan berhijab, kini saatnya Sobat memberikan waktu sejenak pada rambut dengan cara melepaskan jilab dan ikatan rambut saat di rumah. Dengan perlakukan tersebut, rambut akan lebih rileks serta tidak memicu terjadinya kelembapan pada rambut.

Kondisi rambut dan kulit kepala yang tertutup akan memicu terjadinya ketombe serta kerontokan pada rambut.

7. Perhatikan Kebersihan Jilbab

Selain rambut, Sobat juga harus memperhatikan kebersihan dari jilbab yang akan digunakan. Sebab, jilbab yang kotor dan berbau akan memicu terjadinya masalah baru pada rambut Sobat. Selain itu, orang-orang di sekitar tentu juga merasa kurang nyaman jika sobat menggunakan jilbab dengan bau kurang sedap.

8. Menggunakan Bahan Alami

Perawatan rambut sehat bagi wanita berhijab berikutnya adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya. Sobat dapat menggunakan tanaman herbal tersebut dengan cara langsung menggosokkan lendirnya di kulit kepala maupun menggunakan berbagai produk yang terbuat dari lidah buaya.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan rambut kepala bagi wanita berhijab yang dapat kami bagikan. Jaga selalu kebersihan dan kesehatan pada rambut sobat karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga bermanfaat bagi semua pengunjung setia MANFAATCARANYA.COM dimana pun berada. Jangan lupa lihat juga manfaat olahraga untuk wanita agar tetap sehat dan juga rahasia wanita jepang memiliki tubuh ideal yang harus sobat coba.