Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil Mampu Mengoptimalkan Fungsi Otak Janin


Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil Mampu Mengoptimalkan Fungsi Otak Janin. Jagung, biasa kita mengkonsumsinya untuk dijadikan sayur, direbus, bakar bahkan untuk membuat pop corn. Ternyata dibalik warna kuning yang terdapat pada jagung menyimpan banyak manfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kita terutama untuk ibu hamil. Lalu apa saja manfaat jagung untuk ibu hamil?kandungan yang terdapat pada pada jagung apa saja?hingga mampu mengoptimalkan fungsi otak janin. Yuk kita ulas lebih lengkap tentang jagung dan khasiat jagung untuk ibu hamil.

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

MANFAAT JAGUNG UNTUK IBU HAMIL. Jagung merupakan tanaman model yang menarik, khususnya di bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif, dan membantu terbentuknya teknologi kultivar hibrida yang revolusioner. Dari sisi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari. Dalam kajian agronomi, tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur hara penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:

  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Besi : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr

Berikut ini adalah syarat jagung yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil :

  1. Pilih jagung yang masih segar seperti jagung yang baru saja dipetik.
  2. Jangan memilih jagung yang mengandung ulat, bekas hama atau kulit jagung yang buruk.
  3. Hindari mengkonsumsi jagung yang sudah disimpan di kulkas karena khawatir sudah terkena bakteri atau parasit.
  4. Jangan menambahkan perasa manis untuk jagung karena bisa meningkatkan kadar gula.
  5. Hindari makan jagung yang sudah terbuka kulitnya dalam waktu lama karena nutrisinya sudah banyak yang hilang.
  6. Masak jagung menjadi hidangan sesuai selera, tapi hindari memasak jagung dalam waktu yang terlalu lama karena nutrisinya sudah banyak yang hilang.

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil Terupdate dan Terlengkap

Setelah kita mengetahui lebih jelas tanaman jagung, kandungan gizi yang ada pada jagung serta jagung yang aman dikonsumsi ibu hamil berikut akan kita ulas lebih lengkap manfaat jagung untuk ibu hamil secara lengkap. Berikut khasiat jagung untuk bumil serta janin dalam kandungan.

Baca Juga:

Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan salah satu permasalahan ibu hamil ditrimester pertama. Produksi hormone progesteron mempengaruhi usus sehingga pencernaan ibu hamil menjadi lebih lambat. Tapi masalah ini bisa diatasi dengan konsumsi jagung yang cukup selama kehamilan. Jagung mengandung sumber serat yang cukup tinggi sehingga membuat usus ibu hamil bekerja lebih baik dan mencegah sembelit.

Mencukupi Kebutuhan Folat

Folat menjadi gizi ibu hamil yang sangat penting untuk ibu hamil dan juga janin dalam kandungan terutama pada trimester pertama. Folat diperlukan oleh janin untuk pembentukan sel saraf dan sistem syaraf dengan tulang belakang. Bayi yang dilahirkan dengan kondisi kekurangan folat biasanya mengalami cacat tabung syaraf dan sulit untuk ditangani. Anda bisa mengkonsumsi jagung untuk mencukupi kebutuhan folat.

Mengoptimalkan Fungsi Otak Janin

Jagung menjadi sumber tiamin yang sangat tinggi. Tiamin diperlukan oleh janin untuk membentuk perkembangan sel-sel otak dan mendukung fungsi kognitif pada bayi. Perkembangan otak pada janin sudah dimulai sejak dalam kandungan. Bahkan cara menjaga kehamilan dengan asupan tiamin yang cukup, akan mendukung kecerdasan yang sangat baik untuk bayi.

Mendukung Pembangunan Sistem Memori Janin

Jagung mengandung thiamin yang sangat baik untuk mendukung perkembangan janin. Sistem memori atau kemampuan otak pada janin akan terus dibangun sepanjang kehamilan. Manfaat jagung untuk ibu hamil memberikan kandungan thiamin, yang memiliki peran untuk membantu membentuk memori yang baik pada janin sehingga mempengaruhi kecerdasan saat bayi sudah lahir.

Mencegah Masalah Cacat Otot pada Bayi

Kesehatan otot menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam kesehatan janin. Sistem pembentukan massa otot akan dibentuk sejak dalam kandungan . Sebuah zat yang bernama zeaxanthin memiliki peran yang cukup besar. Manfaat jagung untuk ibu hamil menjadi sumber zeaxanthin yang sangat baik untuk janin. Masalah cacat otot biasanya akan dialami oleh bayi yang lahir karena kekurangan asupan zexanthin selama dalam kandungan. Kondisi masalah otot ini biasanya terjadi saat bayi memasuki usia lebih dari satu tahun. (Baca juga : cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan)

Membantu Proses Kesempurnaan Organ Janin

Salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting dalam jagung adalah asam pantotenat. Zat ini berperan untuk mengembangkan fungsi penting dari beberapa organ seperti jantung, ginjal, paru-paru dan otak. Jika selama kehamilan janin kekurangan asupan ini maka biasanya ditemukan beberapa kelainan yang berhubungan dengan fungsi organ tubuh.

Mendukung Perkembangan Tulang dan Otot

Jagung adalah sumber mineral yang sangat tinggi. Janin membutuhkan beberapa asupan mineral seperti manfaat zat besi, tembaga, fosfor, dan magnesium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang semua mineral ini ternyata ditemukan dalam jagung. Sehingga manfaat jagung untuk ibu hamil mendukung perkembangan tulang pada janin, mencegah cacat tulang dan memelihara fungsi ginjal.

Mengatasi Anemia

Anemia adalah salah satu masalah yang biasanya terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih banyak untuk membantu memelihara dan pertumbuhan janin. Jagung mengandung zat besi, vitamin B dan folat yang tinggi. Semua jenis zat ini berperan untuk mengatasi anemia sehingga ibu hamil bisa menjadi lebih sehat.

Memelihara Kesehatan Jantung Ibu Hamil dan Janin

Masalah kesehatan jantung pada ibu hamil banyak dipengaruhi oleh berbagai makanan yang mengandung kolesterol. Ibu hamil yang memiliki riwayat kolesterol tinggi akan menghadapi resiko penyakit jantung dan beberapa jenis penyakit kardiovaskular lain. Sementara itu jagung mengandung karotenoid, bioflavonoid dan vitamin C yang berperan untuk mengendalikan jumlah kolesterol dalam darah. Jagung akan membantu ibu hamil dalam memelihara kesehatan jantung dan aliran darah dalam tubuh.

Mencegah Kurang Berat Badan untuk Janin

Beberapa bayi yang dilahirkan dari ibu yang kekurangan nutrisi biasanya memiliki berat badan yang rendah. Konsumsi jagung bagi ibu hamil akan mencegah bayi kekurangan nutrisi sehingga bayi lahir dengan sehat dan berat badan yang cukup.

Sumber Tenaga untuk Ibu Hamil

Jagung menjadi salah satu sayuran yang banyak mengandung protein. Jagung bisa meningkatkan tenaga ibu hamil yang biasanya merasa lemah karena gangguan mual dan muntah yang terjadi pada 3 bulan pertama. Dalam setiap 100 gram jagung mengandung sekitar 5 mg protein. Ini adalah jumlah protein yang cukup untuk membantu asupan makanan ibu hamil. Kombinasi dengan jenis makanan lain sangat diharapkan.

Memelihara Kesehatan Denyut Jantung

Dalam setiap 100 gram jagung mengandung sekitar 389 mg kalium. Kalium berperan untuk memelihara kesehatan denyut jantung dan mengurangi resiko penimbunan plak pada arteri. Manfaat jagung untuk ibu hamil yang mengandung kalium penting untuk meningkatkan pembangunan sistem sinyal jantung dan syaraf pusat pada janin. Kalium juga banyak terdapat pada manfaat mangga untuk ibu hamil.

Memelihara Kesehatan Mata Bayi

Jagung menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan janin. Jagung mengandung beta karoten, lutein dan xanthin yang berperan untuk memelihara kesehatan mata pada janin. Proses ini memang akan dibutuhkan oleh janin sebelum dilahirkan. Resiko penyakit mata pada anak akan semakin rendah, dengan menunjang kesehatan umum untuk bayi.

Baca Juga:

Demikian tadi manfaat jagung untuk ibu hamil yang bisa kita dapatkan. Dapatkan info menarik lainnya seputar kehamilan dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com. Semoga artikel diatas menambah pengetahuan anda dan bermanfaat untuk anda.