Cara Membuat Ekspektoran Alami Dengan Kayu Putih


Cara Membuat Ekspektoran Alami Dengan Kayu Putih

Cara Membuat Ekspektoran Alami Dengan Kayu Putih. Batuk berdahak sangat menyiksa jika dahak sulit untuk dikeluarkan. Jika hal ini terjadi, maka lebih baik jangan segera mengambil tindakan untuk mengkonsumsi obat kimia. Pertimbangan obat herbal untuk mengatasi penyakit ringan ini yaitu dengan menggunakan minyak asiri dari herbal kayu putih/malaleuca leucadendra.

Dimana herba ini secara umum memiliki efek stomakik, karminatif, antiseptik, antivirus, spasmolitik, antireumatik dan analgesik. Daun dan ranting kayu putih disuling untuk diambil minyaknya menjadi minyak kayu putih. Digunakan secara inhalasi untuk melebarkan system saluran pernapasan, serta analgesic atau mengurangi sakit. Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai manfaat jinten hitam mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah.

Sekilas Tenang Kayu Putih

Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.

Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas.

Minyak kayu putih mudah menguap. Pada hari yang panas orang yang berdekatan dengan pohon ini akan dapat membauinya dari jarak yang cukup jauh.

Baca Juga:

Sebagai tumbuhan industri, kayu putih dapat diusahakan dalam bentuk hutan usaha (agroforestri). Perhutani memiliki beberapa hutan kayu putih untuk memproduksinya. Minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain (seperti minyak telon) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.

Kandungan senyawa kayu putih antara lain ; minyak asiri sineol, terpineol, varelaldehida dan benzaldehida. Minyak ini jika dihirup dapt melegakan pernapasan jika dioleskan pada kulit dan dilakukan masase atau pemijatan pada tubuh, mampu memperlancar sirkulasi darah. Timbunan secret yang kental pada saluran pernapasan juga dapat dikeluarkan dengan bantuan minyak kayu putih yan diteteskan pada air panas kenudia uapnya dihirup melalui hidung.

Baca Juga : 1o Jenis Tanaman Obat Dengan Sejuta Manfaat

Cara Membuat Ekspektoran Alami Dengan Kayu Putih

Dan berikut cara membuat ekspektoran dengan kayu putih yang berguna untuk panduan terapi pilek dan dahak yang menyumbat saluran pernapasan yang menghalangi untuk bernapas secara normal. Peralatan yang perlu disediakan adalah baskom, termos yang berisi air panas, dan handuk besar. Sediakan meja dan kursi untuk meletakkan semua peralatan tadi.

  • Tuangkan sekitar satu liter air panas ke dalam baskom kemudian pakai handuk besar untuk menutupi seluruh bagian baskom hingga kepala agar uap air panas tidak ikut terbawa keluar. Teteskan 0,5 ml minyak kayu putih murni pada baskom yang berisi air panas.
  • Tutp baskom hingga kepala dengan menggunakan handuk dan pastikan uap tidak keluar  lalau hiruplah uap air panas yang telah di tetesi minyak kayu putih tersebut selama 5-10 menit dengan jarak kurang lebih 30 cm antara air dengan wajah.

Simak Juga : Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Jantung 

Setelah melakukan terapi inhalasi ini maka dahak yang terakumulasi pada saluran pernapasan akan keluar sehingga bisa bernapas dengan lega. Terapi ini dapat dilakukan selama beberapa hari hingga tidak terjadi penumpukan secret pada saluran pernapasan. Jika anda punya riwayat penyakit pada saluran pernapasan, seperti alergi, asma, TBC atau penyakit pernapasan lainnya, maka sebaiknya perlu dikonsultasikan dengan dokter sebelum melakukan terapi tersebut agar anda lebih yakin dan tepat dalam mengobati penyakit yang ada pada anda.