8 Cara Mencegah HIV/AIDS Secara Alami

8 Cara Mencegah HIV AIDS Secara Alami

8 Cara Mencegah HIV/AIDS Secara Alami. AIDS adalah sebuah penyakit yang masih dilihat membahaykan bagi manusia. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Saat ini ada berbagai peneliti dunia dalam bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan berupaya untuk terus menemukan obat dari penyakit ini. Penyakit ini sangat berbahaya dan hingga sekarang belum di temuka obatnya. Sebelumnya kita membahas mengenai cara mudah mencegah kanker dengan teh benalu yang terbukti sangat manjur khasiatnya.

Obat yang banyak dihasilkan oleh peneliti masih bersifat obat pencegahan bagi orang yang sudah terinfeksi HIV agar bisa bertahan dan memiliki waktu yang lebih lama sebelum berkembang menjadi AIDS. Mengingat AIDS sangat berbahaya maka kita harus melakukan berbagai cara untuk mencegah AIDS. Berikut ini adalah berbagai detail tentang pencegahan dan perlindungan penularan AIDS.

AIDS adalah jenis penyakit menular yang sangat cepat menyerang penderitanya. Penyakit AIDS tidak bisa menular secara langsung lewat kontak fisik, udara maupun sentuhan lain. Namun masyarakat banyak yang menganggap AIDS bisa menular cepat sehingga penderita AIDS tidak bisa mendapatkan hak yang sama dalam kehidupan. Semua itu ternyata salah, berikut ini adalah beberapa kunci penting penularan penyakit AIDS.

  • AIDS akan menular lewat infeksi dari HIV. HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Kondisi penularan virus dapat terjadi lewat : cairan sperma, darah dan cairan vagina dan air susu ibu.
  • AIDS bisa menular lewat kontak fisik yang berhubungan dengan kontak seksual yang menyebabkan distribusi cairan sperma dan cairan vagina.
  • AIDS bisa menular dari kontak pemakaian jarum suntik yang sama seperti jarum suntik untuk narkoba, tato atau peralatan lain yang berhubungan dengan darah.
  • AIDS bisa menular dari ibu hamil ke janin lewat kontak prenatal dari plasenta ibu ke janin atau lewat ASI ke bayi yang sudah lahir.

8 Cara Mencegah HIV/AIDS Secara Alami

Penularan AIDS dari penderita ke orang lain bisa disebabkan karena penularan infeksi HIV. Virus HIV yang sudah masuk ke tubuh membutuhkan jangka waktu yang lama untuk menjadi AIDS. Namun semua proses ini tergantung dari kondisi kesehatan penderita dan perawatan yang dijalani setelah terkena infeksi HIV. Berikut ini adalah berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan HIV.

Baca Juga:

  1. Setia Pada Pasangan

Salah satu upaya yang sangat umum dilakukan untuk mencegah AIDS adalah setia dengan pasangan. Hubungan seksual yang sudah didasari dengan pernikahan jauh lebih aman daripada seks bebas. Pemeriksaan infeksi HIV perlu dilakukan oleh pasangan yang akan menikah untuk melindungi diri dari infeksi HIV. Hindari semua jenis hubungan seksual yang bebas dan tidak dengan pasangan.

  1. Lakukan Seks Aman

Upaya untuk melakukan seks aman hanya bisa dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah. Namun jika Anda memiliki beberapa pemikiran yang lain mengenai budaya ini misalnya seks bebas, maka tetap harus memakai kondom atau pengaman saat berhubungan seksual.

  1. Kontak Fisik tidak Menyebabkan AIDS

Ciuman dan belaian tangan tidak akan menyebabkan penularan AIDS atau virus HIV. Anda tetap bisa melakukan langkah ini sesuai dengan adat dan budaya yang Anda pahami atau anut.

  1. Hindari Narkoba

Bahaya narkoba memang sudah menjadi rahasia umum sangat mematikan. Narkoba yang dikonsumsi dengan cara suntikan menjadi salah satu penyebab AIDS yang sangat besar. Anda bisa melindungi diri Anda sendiri dengan tidak memakai narkoba. Pemakaian jarum suntik secara bergantian telah meningkatkan angka penularan AIDS.

  1. Mencegah Bayi dari Infeksi HIV/AIDS

Ibu hamil yang dinyatakan positif HIV memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menularkan AIDS pada janin. proses penularan dapat terjadi dari plasenta atau ASI. Bahkan bayi juga bisa terkena AIDS selama proses persalinan. Untuk melindungi bayi dari infeksi AIDS maka ibu hamil tidak boleh memberikan air susu ibu kepada bayi. Konsumsi beberapa jenis obat pencegah HIV juga melindungi janin dari infeksi HIV dan AIDS.

  1. Lindungi AIDS dari Transfusi Darah

Darah adalah salah satu jenis penyebab infeksi HIV dan AIDS yang sangat tinggi. Jika Anda terpaksa harus melakukan transfusi darah karena kondisi kesehatan maka pastikan bahwa darah yang Anda pakai sehat dan telah mendapatkan uji HIV AIDS.

  1. Bimbingan Moral dan Sosialisasi

Salah satu upaya pencegahan AIDS yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan berbagai jenis kegiatan dan kampaye untuk memberikan bimbingan moral kepada remaja dan anak muda. Sosialisasi ini bermanfaat untuk memberikan ilmu-ilmu tentang apa itu AIDS, penularan AIDS dan metode untuk mencegah penularan AIDS.

  1. Jauhi Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas yang terjadi pada remaja dan anak-anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun bagian yang lebih penting dari akibat pergaulan bebas seperti seks bebas dan pemakaian narkoba telah meningkatkan jumlah penderita AIDS. Untuk melindungi diri maka sebaiknya jika Anda tidak masuk ke dalam pergaulan bebas dan memakai waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat.  Lihat info Cara Mengencangkan Kulit Wajah Dengan Masker Putih Telur dan Cara Mudah Membuat Masker Bengkoang.

AIDS tidak menular lewat sentuhan tangan, ciuman atau berbagai jenis kontak fisik lain yang tidak melibatkan darah dan beberapa cairan lain penyebab AIDS. Hal inilah yang membuat masyarakat masih sering salah paham dan menganggap bahwa AIDS bisa menular dengan cepat. AIDS tidak menular lewat udara, pakaian yang dipakai bersama atau perlengkapan makan. Menjaga diri dan mencegah dari AIDS dengan memahami semua hal yang berhubungan dengan AIDS akan meningkatkan hubungan sosial dengan penderita.

Bahaya AIDS menjadi salah satu hal yang paling menakutkan di dunia. Untuk menghindari semua jenis bahaya AIDS maka kita harus menghindari semua jenis faktor penyebab AIDS dan mengerti berbagai jenis upaya pencegahan agar tidak terkena AIDS. AIDS merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia jadi kewaspadaan wajib anda lakukan.