13 Cara Mengatasi Nyeri Sariawan Yang Wajib Diketahui




13 Cara Mengatasi Nyeri Sariawan Yang Wajib Diketahui. Sariawan merupakan sebuah penyakit mulut yang sangat menyiksa. Kita akan merasa terganggu apabila sedang melakukan aktifitas mulut seperti sedang makan, minum. Sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam bisa muncul jika Anda sedang stres, terkena infeksi virus, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin atau mineral. Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, hormon naik-turun, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Sekilas Tentang Sariawan

Sariawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Penyebab Sariawan

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Indikasi Sariawan

Seriawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.Stomatitis Aphtous/Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat- obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu baru), dsb.

13 Cara Mengatasi Nyeri Sariawan Yang Wajib Diketahui

Penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah skorbut (scurvy) atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit (purpura) dsb.  Lihat info Cara Mengencangkan Kulit Wajah Dengan Masker Putih Telur dan Cara Mudah Membuat Masker Bengkoang.

Jika parah, sariawan bisa nongkrong di mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka pada area yang terjangkiti sariawan. Kabar baiknya, sariawan biasanya akan hilang dan sembuh sendiri dalam jangka waktu 10 hingga 14 hari. Namun, bila Anda tidak tahan menunggu selama dua minggu, obat sariawan alami berikut ini bisa menjadi pilihan:

  1. Berkumur dengan larutan garam (½ sdt garam dan segelas air) selama 3-4 kali sehari. Atau dengan larutan baking soda (1 sdt baking soda dan ½ cangkir air hangat). Gunanya sebagai pegganti antiseptik
  2. Rajin sikat gigi dan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
  3. Oleskan sedikit magnesium hidroksida cair ke sariawan beberapa kali sehari.
  4. Hindari mengonsumsi makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan iritasi dan sakit lebih lanjut.
  5. Letakkan bongkahan kecil es batu di sariawan hingga meleleh.
  6. Sikat gigi Anda dengan perlahan-lahan, gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas deterjen.
  7. Minum banyak air putih juga bisa menjadi obat sariawan alami.
  8. Konsumi makanan lunak yang mudah ditelan, dipotong kecil-kecil, digiling, atau dihaluskan.
  9. Hindari pula makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat mengikis mulut, minuman bersoda atau beralkohol, rokok, atau makanan/minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.
  10. Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
  11. Jangan menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar.
  12. Jika mulut benar-benar terasa sakit, gunakan sedotan jika ingin minum.
  13. Konsumsi makanan, sayuran, dan buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin B, dan zat besi.

Jika berbagai cara sudah Anda lakukan tapi sariawan masih ‘menghinggapi’ mulut, sebaiknya segera datangi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat. Apalagi jika luka sariawan ternyata terus berulang, semakin membesar, menyebar, berlangsung selama tiga minggu atau lebih dan terasa sangat sakit, bahkan jika sudah menelan obat antinyeri. Konsultasikan pula dengan dokter jika Anda merasa kesulitan ketika minum atau menderita demam tinggi ketika sariawan. Jangan mengkonsumsi sembarang obat tanpa berkonsultasi dengan dokter. Semoga ulasan mengenai sariawan diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menambah pengetahuan bagi pembaca dalam penanganan terhadap sariawan.

Simak Juga:

Walaupun banyak obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan, yuk, jaga kesehatan mulut kita dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari agar sariawan tidak datang lagi.