Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Kulit, Khasiat Buah Tanpa Biji


Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Kulit, Khasiat Buah Tanpa Biji

Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Kulit, Khasiat Buah Tanpa Biji. Jambu memiliki peran dalam dunia kecantikan kulit. Tepatnya kesehatan kulit apalagi ini berkaitan dengan para wanita. Kulit yang cantik dan sehat tentu akan menjadi fokus perawatan berapapun biayanya. Sehingga tak jarang buah menjadi alternatif penting bagi sebuah pilihan dalam merawat kulit. Buah jambu yang sedang kita bicarakan adalah jambu kristal yang sudah tidak asing lagi menjadi pilihan. Apa manfaat jambu kristal untuk kesehatan kulit Anda?

Jambu kristal terkenal memiliki tekstur unik dan enak. Artinya selain kesegarannya yang tidak diragukan lagi saat digigit, Anda akan menikmati sensasi buah yang sangat menyenangkan. Bunyi khas daging jambunya saat digigit hingga dikunyah membuat orang terus melahab. Ini tiada lain rasa yang khas dan kesat jambu kristal bisa dikatakan rekomended (recommended).

Jambu kristal adalah sa;ah satu buah jambu yang terkenal tidak memiliki biji di tengahnya. Walau tidak sepenuhnya benar, jambu ini mirip jambu bangkok hanya saja dagingnya tebal dan bijinya sangat minim. Sehingga ketika Anda mengunyahkan hingga tengah area biji tidak menjadi masalah.

Jambu kristal (Psidium guajava) adalah varietas jambu biji yang sekarang banyak digemari masyarakat Indonesia. Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang berlapiskan lilin di kulitnya.

Daging buahnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah. Bobot buah rata rata 300 g bahkan ada yang mencapai 800 g.

Keunggulan yang paling istimewa adalah jumlah bijinya yang kurang dari 3 persen bagian buah yang tidak didapat pada jambu biji jenis manapun. Buah yang satu ini selain manis dan menyegarkan juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, misalnya kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, antitumor, antioksidan, dan antiperadangan, serta mampu mencegah penuaan dini.

Manfaat Umum Jambu Kristal untuk Kesehatan

Berikut daftar manfaat jambu kristal secara umum.

1. Cocok untuk dijadikan minuman
2. Baik untuk penderita diare
3. Mencegah sulit buang air besar atausembelit
4. Mengobati batuk dan flu
5. Mencegah infeksi dan juga virus
6. Menjaga rasa kenyang
7. Baik untuk kesehatan pencernaan
8. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh
9. Sebagai zat anti oksidan
10. Baik untuk kesehatan mata
11. Memberikan energi bagi tubuh
12. Baik untuk kesehatan tulang
13. Mengobati sariawan
14. Mencegah anemia

Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Kulit

Khususnya kulit yang tidak terfokus pada wanita saja, pria juga memiliki kebutuhan menjaga kesehatan kulit. Hal ini akan menjadi hal penting bahwa nutrisi buah-buahan begitu penting untuk tubuh.

Kebutuhan vitamin E pada tubuh manusia menjadi salah satu kunci penting kesehatan kulit menjadi perhatian. Kandungan nutrisi pada buah jambu Kristal buah yang memiliki banyak kandungan vitamin E. Tentu saja vitamin E ini manfaatnya sangat baik, terutama bagi kesehatan kulit.

Kegunaan Vitamin E dapat akan membantu dalam hal mencegah kulit kering dan bersisik, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, menutrisi kulit dari dalam, dan menjaga kelembaban kulit.

Cara mengkonsumsi buah jambu kristal beraneka ragam misalnya:

  • Dimakan langsung
  • Jus buah jambu kristal
  • Dicampur dalam sop / es buah
  • Makasan lotis (lutisan)

Baca Juga:

Demikian manfaat jambu kristal untuk kesehatan kulit. Cobalah metode pengkonsumsian buah jambu kristal secara rutin setiap hari. Cek before dan afternya setelah tiga bulan ke depan.

Ingat selain nutrisi yang sehat seperti jambu kristal tersebut juga pola kerja, gerak, dan aktivitas mendapat perhatian. Selamat mencoba!