Manfaat Kelengkeng Atasi Luka, Cara Alami Obati Kulit Tubuh


Manfaat Kelengkeng Atasi Luka, Cara Alami Obati Kulit Tubuh

Manfaat Kelengkeng Atasi Luka, Cara Alami Obati Kulit Tubuh.  Siapa yang tak risau dengan adanya luka pada kulit kita? Tentu ini menjadi PR besar bagi terutama para gadis yang mendambakan kulit yang halus usai terkena luka. Ternyata buah kelengkeng mampu mengatasi luka. Dari rasanya yang manis ternyata juga menyimpan segudang manfaat lain. Kelengkeng dikenal sebagai buah yang kecil, berwarna cokelat, banyak kandungan air, dan rasanya segar. Di bagian luar ada cangkang sedangkan di dalam ada biji.

Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, longan,[butuh rujukan] Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Kelengkeng sebagai buah-buahan unggul  dan dimakan dalam keadaan segar. Buah lengkeng, terutama yang berdaging tebal dan besar, dikalengkan dalam sari buahnya di Thailand, Taiwan dan Tiongkok, baik ditambah gula maupun tidak

Selain sebagai buah, kegunaan buah kelengkeng selain sebagai buah juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman. Lengkeng juga dikeringkan, untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar. Ada bagian lain dari kelengkeng seperti lerak, biji lengkeng yang mengandung saponin kadang-kadang dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun dan bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin.

Kayu lengkeng dan kayu bedaro (Dimocarpus malayensis) merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas. (wikipedia)

Manfaat Kelengkeng Atasi Luka, Cara Alami Obati Kulit Tubuh

Ketika seseorang mengalami luka yang tidak kunjung sembuh maka akan membuat anda merasa tidak percaya diri. Bukankah begitu sobat perempuan? Dengan luka yang tidak kunjung sembuh tersebut membuat penampilan dinilai kurang tepat, pas, atau percaya diri. Rasa risih dengan luka yang biasanya disebabkan karena terjatuh, bekas garukan dan lain sebagainya.

Sangat dipercaya, selain dapat menurunkan kepercayaan diri dan membuat kulit cantik anda tidak mulus dan tidak halus lagi, luka juga menimbulkan rasa sakit dan bila dibiarkan terus menerus akan menyebabkan infeksi karena kuman – kuman akan menempel tanpa anda ketahui. Ini bisa diatasi dengan manfaat kelengkeng atasi luka.

Ternyata ada cara yang mudah mengatasi luka dengan kelengkeng. Buah kelengkeng merupakan buah yang tepat untuk menyembuhkan luka anda. Ini di aresepnya, perlu perhatian bahwa kelengkeng yang digunakan sebagai penyembuh luka, bukan bagian buahnya, melainkan bagian cangkangnya dan bijinya. Jadi, ketika anda memakan buah kelengkeng, jangan sekali – kali anda membuang biji dan cangkangnya karena bagian tersebut merupakan bagian yang penting sebagai obat penyembuh luka.

Menurut berbagai sumber, kelengeng mengandung vitamin B1, B2 dan B3, serta Vitamin C dan kandungan – kandungan lainnya yang dapat menyembuhkan luka. Untuk mengobati luka anda, cukup bakar biji buah kelengkeng hingga menjadi arang, lalu tambahkan dengan minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian luka luar anda.

Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu menggunakan cangkangnya yang dibakar pula lalu campur dengan minyak zaitun dan oleskan pada bagian luka anda. Dengan mencobanya setidaknya Anda akan tahu sejauh mana pengaruh kelengkeng dalam mengobati luka tubuh.

Baca Juga:

Setelah mengetahui manfaat kelengkeng atasi luka berarti Anda ikut melestarikan cara alami dalam mengobati kulit. Selamat mencoba!