4 Manfaat Kacang Panjang Sebagai Sumber Antioksidan Tubuh


4 Manfaat Kacang Panjang Sebagai Sumber Antioksidan Tubuh

4 Manfaat Kacang Panjang Sebagai Sumber Antioksidan Tubuh. Konsumsi sayur memang sangat baik untuk kesehatan. Semua sayuran menyajikan aneka nutrisi tersendiri serta memiliki khasiat yang berbeda-beda contohnya buncis, bayam, brokoli, sawi, wortel, tomat. Tak hanya untuk kesehatan tubuh saja sayuran juga kaya akan serat yang mampu mencegah sembelit serta sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan.

Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang mudah di temui, selain itu harganya yang relative murah membuat sayuran ini digemari banyak masyarakat. Biasanya kacang panjang digunakan untuk membuat berbagai sayuran seperti lodeh, pecel, oseng-oseng kacang panjang dan juga digunakan untuk lalapan. Kacang panjang mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B1 dan B2. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terutama buat anda yang mempunyai badan yang mudah lelah. Manfaat kacang panjang memang sangatlah banyak sekali untuk tubuh manusia

Kacang Panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan.

Kandungan gizi dalam kacang panjang (mentah) per 100 g (3.5 oz)

  • Energi 196 kJ (47 kcal)
  • Karbohidrat 8 g
  • Diet serat 3,6 g
  • Lemak 50 g
  • Protein 200 g

Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa. Sumber: USDA Nutrient database

Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori, 50 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%). Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV vitamin A, dan 5% DV kalsium. (Persen nilai harian berdasarkan diet 20000 kalori nilai harian individu bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori masing-masing.)

Manfaat Kacang Panjang

Berikut beberapa khasiat kacang panjang yang kita dapatkan dengan cara mengkonsumsinya baik sebagai sayur maupun sebagai lalapan mentah.

1. Sumber Antioksidan

Kacang panjang ini menjadi salah satu sayuran yang berguna sebagai sumber antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Kacang panjang mengandung betakarotin, vitamin C dan mineral mangan yang sangat penting dalam proses antioksidan dalam tubuh. Dengan konsumsi kacang panjang, secara berkala dapat membuat tubuh terhindar dari kelelahan dan racun yang sering anda dapatkan dari poulusi udara di lingkungan dan radikal bebas. Biasakan ketika memasak kacang panjang, jangan terlalu lama supaya vitamin didalamnya tidak hilang.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia. Banyak orang yang melakukan banyak hal, supaya kesehatan jantungnya tetap terjaga. Kacang panjang merupakan sayuran yang dapat membantu kesehatan jantung dan kardiovaskuler pada tubuh. Manfaat kacang panjang inilah, yang membuat kacang panjang banyak di konsumsi. Kacang panjang mengandung vitamin K yang sangat tinggi dan berfungsi dalam mencegah pengerasan pembuluh darah dalam jantung. Pembuluh darah yang mengeras inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya penyakit gagal jantung atau jantung koroner.

3. Meningkatkan Stamina Tubuh

Bicara mengenai manfaat kacang panjang, memang tak ada habisnya. Hal ini dikarenakan kacang panjang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang panjang dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, sehingga membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Kacang panjang mengandung banyak sekali vitamin B yang dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar. Jika anda kelelahan atau kecapean, dengan konsumsi kacang panjang dapat membuat tubuh lebih bugar. Selain itu kacang panjang juga sangat baik untuk pencernaan. Kacang panjang dapat membantu pencernaan dalam tubuh semakin lancar, karena penyerapan nutrisi yang sangat baik.

4. Mencegah Diabetes Dan Osteoporis

Manfaat kacang panjang yang selanjutnya ialah dapat mencegah penyakit diabetes dan osteoporosis. Diabetes merupakan penyakit yang kadar gula dalam darah tinggi, sedangkan penyakit osteoporosis merupakan penyakit keroposnya tulang akibat kurangnya kalsium pada tulang. Kacang panjang termasuk sayuran yang rendah kalori dan gula, sehingga sangat aman di konsumsi untuk para penderita diabetes. Selain itu kacang panjang juga mengandung vitamin K yang dapat membantu mencegah osteoporis. Dengan konsumsi kacang panjang, anda sudah bisa memenuhi 20% kebutuhan vitamin K untuk tubuh anda setiap harinya.

Baca Juga:

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat kacang panjang. Seperti menyehatkan sendi, membantu pembentukan enzim dan masih banyak lainnya. Tetapi bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit asam urat. Tidak di anjurkan untuk banyak konsumsi kacang panjang. Hal ini dikarenakan akan membuat kandungan asam urat dalam darah semakin meningkat. Konsumsi kacang panjang sewajarnya saja. Untuk cara pengolahan kacang panjang sangatlah banyak sekali.semoga ulasan diatas bermafaat.