Manfaat Vitamin D dan Fungsinya


Manfaat Vitamin D dan Fungsinya

Manfaat Vitamin D dan Fungsinya. Mungkin kita teringat jaman kecil ketika bapak ibu simbah kita memberikan satu pelajaran berjemur saat pagi. Dalam bahasa jawa namanya “dede” yaitu aktivitas berjemur di pagi hari setiap hari. Kata mereka biar mendapatkan vitamin D dari matahari. Lambat laun kita memahami bahwa berjemur hanya saeana mendapatkan vitamin D itu sendiri. Pasalnya bahan dasar vitamin D nya sudah ada dalam tubuh kita sehingga butuh matahari untuk memprosesnya.

Adanya manfaat vitamin D dan fungsinya akan memberikan kita satu support pengetahuan tentang apa yang dibutuhkan tubuh manusia. Dalam bahasa lain bahwa vitamin D adalah nutrisi yang bermanfaat untuk pembentukan tulang. Vitamin D ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot.

Vitamin D merupakan bagian dari grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol. Penamaan ini berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC). Di dalam tubuh, vitamin ini banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik. Vitamin ini banyak ditemukan pada jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Baca Juga :

Manfaat Vitamin D dan Fungsinya

Ulasan pembuka di atas sedikit banyak membahas definisi vitamin D yang mungkin selama ini banyak orang yang salah faham. Kali ini berlanjut tentang manfaat vitamin D dan fungsinya secara lebih detail.

Manfaat Vitamin D

Berikut manfaat vitamin D yang perlu kita ketahui :

  • Vitamin D untuk mencegah kekurangan vitamin D
  • Vitamin D mampu mengatasi dan mencegah osteoporosis
  • Vitamin D mampu mengatasi hipoparatiroid, rakitis, dan hipofosfatemia.

Fungsi Vitamin D untuk Tubuh

Baiklah setelah mengetahui manfaat vitamin D sekarang kita akan mengetahui fungsi vitamin D. Fungsi ini lebih kepada cara kerja vitamin D diproses tubuh. Vitamin D adalah satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh. Saat terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol. Induksi ini terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB).

Pada tahap selanjutnya, senyawa kolekalsiferol ini akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D di dalam tubuh. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal yang kemudian akan diedarkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, terutama di organ tulang dan gigi.

Sumber Vitamin D di Sekitar Kita

Sering kita ternyata mengkonsumsi vitamin D dan kira-kira makanan apa saja yang kaya akan vitamin D untuk tubuh manusia. Aneka makanan tersebut diantaranya seperti jamur, kuning telur, ikan, hati, Jamur, kedelai, susu, udang, tiram serta paparan sinar matahari.

Baca Juga :

Produk Vitamin D di Pasaran

Untuk mengakses produk apa saja di pasaran yang dibutuhkan silakan mencari produk sebagai berikut :

Biovitan, Calnic Plus, Cerebrofort Gold Rasa Strawberry, Hufalysin New, Calcifos, Nutrahealth Vitamin D3 400 IU, Obipluz, Nutrimax Nutri Kidz, Healthy Choice Junior Rasa Strawberry, Osfit.